Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/23/2014

Strategi Pembelajaran PKN

Strategi Pembelajaran PKN - ulasan berikut ini saya kan mengajak anda sekalian untuk membahas tentang sebuah bahasan yang sangat menarik mengenai strategi pembelajaran yang baik untuk diterapkan pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan atau yang lebih akrab di telinga kita dengan sebutan PKN. Pembelajaran PKN ini sangat diperlukan bagi para generasi muda di Indonesia khususnya dalam memberikan pengetahuan kepada para peserta didik tentang hal-hal yang berkaitan dengan urusan kewarganegaraan. Tetapi hal ini jika kita memperhatikan kegiatan pembelajaran PKN di sekolah, maka mungkin kita akan menganggapnya kurang maksimal. Karena hal tersebutlah diperlukan sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKN di sekolah. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan strategi-strategi pembelajaran PKN yang sesuai. Beberapa di antaranya telah berhasil saya rangkum. Sebagai berikut.

  1. Strategi pembelajaran kooperatif atau strategi pembelajaran berbasis kerjasama. Seorang tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran dapat memberikan tugas kepada para peserta didiknya untuk diselesaikan dalam kelompok-kelompok. Dengan hal ini maka diharapkan para peserta didik akan lebih aktif dalam bekerjasama dan menyampaikan pendapat yang mereka miliki.
  2. Strategi pembelajaran berbasis masalah atau kasus. Seorang tenaga pendidik dapat memberikan sebuah permasalahan yang bersifat aplikatif dari materi yang telah disampaikan sebelumnya. Dengan hal ini maka seorang peserta didik akan belajar untuk menganalisis berbagai permasalahan yang diberikan oleh tenaga pendidiknya berdasarkan materi yang telah diberikan.
  3. Pembelajaran Inkuiri. Pembelajaran inkuiri merupakan sebuah model pembelajaran yang baik untuk diterapkan dalam berbagai materi pembelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidik termasuk di antaranya adalah materi pembelajaran PKN yang kita bahas di sini. Dengan menggunakan pembelajaran inkuiri ini maka para peserta didik akan dapat melakukan proses pengamatan dan lebih bersifat kritis terhadap materi yang diberikan oleh tenaga pendidiknya. Sehingga hal ini akan membuat para peserta didik lebih aktif untuk mencari tahu sendiri tentang jawaban yang mereka inginkan terkait dengan materi pembelajaran PKN.
  4. Pembelajaran berbasis proyek juga pas untuk diaplikasikan pada pembelajaran PKN ini. Karena pada dasarnya ilmu PKN adalah ilmu masyarakat yang contoh nyatanya banyak terdapat di lingkungan sekitar peserta didik.

Demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya sajikan untuk anda sekalian, semoga beberapa ulasan di atas dapat memberikan banyak manfaatnya untuk anda.