Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/15/2014

Tujuan Pembelajaran Sejarah di Sekolah

Pembelajaran sejarah merusakkan sebuah pembelajaran yang sering kali dikeluhkan oleh para peserta didik di tingkat dasar maupun menengah. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran sejarah ini menuntut kepada para peserta didik untuk lebih banyak menghafal tentang sejarah. Dengan hal tersebut maka akhirnya menarik perhatian kita, tentang mengapa pembelajaran sejarah ini harus diberikan kepada para peserta didik di sekolah. Apakah yang membuat pembelajaran sejarah ini begitu penting sehingga tetap diajarkan di sekolah? Nah berbagai informasi tentang tujuan sejarah akan saya ulas pada artikel di bawah ini.

Jadi simak ulasan berikut dengan seksama agar berbagai informasi yang saya sajikan tentangnya dapat anda pahami.
  1. Dengan pembelajaran sejarah pada peserta didik di sekolah maka diharapkan akan menjadi sebuah strategi untuk mempertahankan budaya luhur bangsa dan melakukan regenerasi budaya tersebut. Dengan demikian budaya luhur yang dimiliki oleh bangsa ini tidak akan punah karena dasar-dasar kebudayaan tersebut terus menerus diberikan kepada para peserta didik.
  2. Pembelajaran sejarah di sekolah juga memberi manfaat dalam memberikan motivasi kepada para peserta didik untuk mengikuti jejak para pahlawan yang senantiasa berjuang dan rela berkorban demi kemerdekaan bangsanya. Dengan pembelajaran sejarah ini maka sangat diharapkan nantinya nilai-nilai luhur yang dimiliki dan diterapkan oleh para pahlawan dapat dimiliki oleh para peserta didik.
  3. Sejarah ini juga berperan penting dalam membentuk identitas dan kepribadian nasional. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini merupakan era globalisasi di mana batas-batas kenegaraan antar suatu negara semakin tidak terlihat. Dengan pembelajaran sejarah ini diharapkan dapat menjadi filter yang nyata bagi kebudayaan yang masuk tersebut.
  4. Pembelajaran sejarah ini juga sangat penting dalam upaya mencapai sebuah kebangkitan nasional khususnya dalam hal pembangunan. Dengan mengetahui kejayaan yang dimiliki oleh bangsa ini di masa silam maka para generasi penerus bangsa akan lebih termotivasi untuk ikut mengembalikan kejayaan tersebut. 
Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya berikan kepada anda sekalian tentang pentingnya pembelajaran sejarah bagi para peserta didik di sekolah. Karena hal tersebutlah maka pembelajaran sejarah ini harus tetap diberikan kepada para peserta didik agar mereka lebih termotivasi untuk berbuat sesuai dengan nilai luhur bangsa yang tercermin dari sejarah. Sekian, semoga bermanfaat.