Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/17/2014

Alat evaluasi Pembelajaran yang Baik

Evaluasi pembelajaran merupakan sebuah hal yang teramat penting untuk dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran. Untuk itu diperlukan banyak perangkat pendukungnya agar dapat berjalan secara efektif. Salah satu di antaranya adalah adanya alat evaluasi pembelajaran yang baik dan efektif.

Ada beberapa alat yang baik digunakan dalam evaluasi pembelajaran. Di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Alat evaluasi non tes
Terdapat beberapa alat evaluasi yang tidak berupa tes antara lain.

  • Angket. Angket merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa pertanyaan. Di sini seorang tenaga pendidik dapat mengumpulkan data berupa jawaban-jawaban terkait dengan evaluasi pembelajaran dari pertanyaan yang diberikan kepada peserta didiknya.
  • Wawancara. Seorang tenaga pendidik dapat melakukan wawancara atau interview secara langsung kepada para peserta didiknya untuk mengetahui apakah kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung dapat mereka pahami dengan baik atau tidak.
  • Observasi. Seorang tenaga pendidik penting untuk melakukan observasi atau pengamatan langsung tentang kemajuan yang dialami oleh peserta didik selama dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini sangat baik untuk digunakan dalam evaluasi pembelajaran.
  • Inventory. Alat evaluasi ini mirip dengan angket, namun bedanya pada inventory seorang peserta didik diarahkan pada pertanyaan yang memungkinkan mereka untuk menunjukkan perubahan sikap, keberanian mengungkapkan gagasan yang dimiliki setelah kegiatan pembelajaran berlangsung.

2. Alat evaluasi test
Ada beberapa alat evaluasi tes yang dapat digunakan oleh seorang tenaga pendidik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Tes tulis. Tes tulis seringkali digunakan oleh tenaga pendidik dalam melakukan evaluasi terhadap pemahaman yang didapatkan oleh peserta didik ketika pembelajaran telah selesai dilaksanakan. Banyak yang menganggap bahwa tes ini cukup efektif, namun nyatanya banyak hal yang menjadi kekurangan dari alat evaluasi ini. Yakni jika pengawasan tes kurang maka besar kemungkinan peserta didik saling menyontek sehingga tujuan evaluasi pembelajaran tidak dapat tercapai.
  • Tes lisan. Tes lisan dalam kegiatan evaluasi pembelajaran sangatlah efektif. Karena para tenaga pendidik akan dapat mengetahui perkembangan setiap peserta didiknya dengan tingkat kecurangan yang lebih rendah dari tes tulis.

Itu tadi beberapa alat evaluasi pembelajaran yang dapat saya berikan. semoga memberi banyak manfaat bagi anda sekalian.