Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/31/2014

Beberapa Contoh Model Desain Pembelajaran

Model Desain Pembelajaran - Pendidikan di Indonesia berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh para peneliti pendidikan dikatakan masih belum merata dan kualitasnya masih lebih rendah jika dibandingkan dengan negara asia tenggara lain layaknya Singapura. Karena hal tersebutlah maka diperlukan banyak pemikiran mengenai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negara kita ini. Salah satunya adalah dengan mengembangkan model desain pembelajaran. Seperti apakah model pembelajaran yang baik? Berikut di bawah ini adalah beberapa model  desain pembelajaran yang pernah digunakan, jadi simak ulasan berikut ini dengan seksama agar anda sekalian dapat mengetahui banyak informasi yang telah saya rangkum tentangnya.

Sebelum kita beranjak lebih jauh tentang contoh model desain pembelajaran maka pada ulasan kali ini aka lebih dahulu saya menjelaskan kepada anda sekalian tentang apa itu desain pembelajaran. Desain pembelajaran merupakan suatu rancangan kegiatan pembelajaran yang telah disusun secara sistematik dan memiliki tujuan utama untuk menjamin kualitas dari kegiatan pembelajaran yang akan berlangsung.  Beberapa contoh model desain pembelajaran antara lain adalah sebagai berikut.

  1. PPSI. Model desain pembelajaran yang satu ini memandang sebuah kegiatan pembelajaran sebagai sebuah sistem yang teratur. Dengan hal tersebut urutan peranan dari masing-masing komponen telah teratur secara jelas sebagai sebuah sistem pembelajaran.
  2. Model desain pembelajaran Kemp. Model desain pembelajaran yang satu ini memiliki ciri utama yakni pandangan secara menyeluruh terhadap kegiatan pembelajaran. Dalam artian desain pembelajaran ini dapat digunakan dalam semua jenjang pendidikan dan setiap tenaga pendidik yang ada di dalamnya memiliki peranan utama untuk mengembangkan perencanaan pembelajaran.
  3. Model desain pembelajaran Bella H. Banathy. Model desain pembelajaran yang satu ini merupakan sebuah model desain pembelajaran yang berorientasi pada tercapainya tujuan dari kegiatan pembelajaran. Sehingga setiap komponen dalam perencanaan pembelajaran diarahkan untuk mencapai tujuan tersebut.
  4. Model desain pembelajaran Gerlach dan Elly. Model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran yang sistematis dengan konsep peta pembelajaran yang jelas. Model pembelajaran ini terbilang baik karena dapat diketahui setiap kegiatan yang direncanakan dengan jelas karena telah tersusun secara sistematis.

Itu tadi beberapa ulasan yang dapat saya sampaikan pada ulasan kali ini. Semoga memberikan banyak manfaat bagi anda sekalian. Sampai jumpa pada ulasan yang berikutnya.