Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/19/2014

Evaluasi Media Pembelajaran

Evaluasi media pembelajaran merupakan hal yang sangat penting. Khususnya dalam rangka meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran yang akan berlangsung berikutnya. Di sini pada kesempatan yang istimewa ini saya akan mencoba menguraikannya kepada anda sekalian. Jadi silakan anda simak ulasan berikut ini untuk mengetahui beragam informasi yang telah saya sajikan tentangnya. Selamat membaca dan semoga apa yang anda cari, anda temukan pada artikel ini.

Hal yang dititikberatkan dalam kegiatan evaluasi media pembelajaran antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Memilih media pembelajaran yang akan digunakan. Memilih media pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran merupakan tujuan utama dalam mengevaluasi media pembelajaran untuk menentukan apakah media pembelajaran yang akan digunakan dapat sesuai dengan para peserta didik yang terdapat dalam kegiatan pembelajaran. Tentunya untuk mengetahui hal ini adalah dengan melakukan evaluasi terhadap media pembelajaran yang telah dilakukan saat kegiatan pembelajaran yang sebelumnya.
  2. Evaluasi media pembelajaran terhadap efektifitas penggunaannya di dalam kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Media pembelajaran yang baik adalah media yang mampu memberikan sumbangsih yang besar bagi peningkatan pemahaman yang dimiliki oleh peserta didik terkait materi pembelajaran yang disampaikan. Sehingga karena hal tersebut maka setiap elemen yang terdapat dalam kegiatan pembelajaran layaknya seorang tenaga pendidik dan peserta didik dapat memahami tentang mekanisme atau tata cara penggunaan media pembelajaran itu sendiri. Jika kemudian terdapat kesulitan dalam menggunakan suatu media pembelajaran maka dapat dijadikan sebuah kriteria baru atau pertimbangan dalam memilih media pembelajaran pada kegiatan pembelajaran yang akan datang.
  3. Setiap media pembelajaran digunakan memiliki tujuan tertentu. Dan dengan adanya evaluasi terhadap media pembelajaran ini maka akan dapat diketahui apakah tujuan dari penggunaan media pembelajaran tersebut telah tercapai atau belum. 
  4. Memperbaiki setiap kerusakan yang terdapat pada media pembelajaran.

Jika media pembelajaran berupa alat tertentu maka setelah digunakan dalam beberapa waktu yang cukup lama hal tersebut memungkinkan untuk terjadinya kerusakan. Sehingga hal tersebut dapat dilakukan perbaikan ketika melakukan evaluasi ini dengan tujuan memperkecil hambatan yang terjadi terkait media pembelajaran di kegiatan pembelajaran yang akan datang.

Demikianlah evaluasi media pembelajaran yang dapat saya berikan kepada anda sekalian. Semoga, dengannya dapat memberikan banyak manfaat bagi anda.