Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/01/2014

Manfaat Perencanaan Pembelajaran

Kali ini saya akan mengajak anda sekalian untuk membicarakan tentang sebuah bahasan yang sangat menarik mengenai perencanaan pembelajaran. Dalam sebuah kegiatan pembelajaran, maka perencanaan pembelajaran yang matang memiliki banyak peranan pentingnya. Seperti apakah manfaat dari perencanaan pembelajaran ini? Simak ulasan berikut ini dengan seksama agar  beragam informasi yang saya sajikan tentangnya dapat anda ketahui.

Banyak manfaat ketika kita membuat perencanaan pembelajaran. Diantaraya adalah sebagai berikut.

1. Untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
Kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya dapat menjadi bahan evaluasi dengan membuat perencanaan pembelajaran, sehingga pada pembelajaran yang akan datang kegiatan pembelajaran yang dirasa kurang dapat diperbaiki.

2. Kegiatan pembelajaran dapat berjalan lebih sistematis.
Dengan menggunakan perencanaan pembelajaran maka setiap tenaga pendidik dapat mengontrol jalannya kegiatan pembelajaran, karena hal tersebut telah tertuang dan direncanakan sebelumnya. Yang dimaksud sistematis di sini adalah para tenaga pendidik merencanakan kegiatan pembelajaran mulai dari materi pembelajaran, media pembelajaran serta strategi pembelajaran yang akan digunakan.

3. Memudahkan dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Dalam sebuah perencanaan pembelajaran terdapat target-target yang jelas, yang harus dicapai oleh setiap peserta didik selama kegiatan pembelajaran. Baik yang merupakan target jangka pendek maupun target jangka panjang. Dengan hal ini maka seorang tenaga pendidik dapat mendorong para peserta didiknya untuk mencapai tujuan atau target tersebut dengan lebih mudah karena semuanya telah terencana secara sistematis.

4. Kegiatan pembelajaran menjadi lebih terarah. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan tanpa adanya sebuah perencanaan pembelajaran yang matang biasanya akan sulit untuk menemui sasaran pembelajaran. Karena itulah diperlukan sebuah perencanaan pembelajaran ini sebagai acuan bagi setiap tenaga pendidik dalam mengarahkan jalannya kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan alur kegiatan yang telah direncanakan.

5. Perencanaan pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai evaluasi pembelajaran di akhir kegiatan pembelajaran. Evaluasi ini menyangkut target yang telah direncanakan sebelumnya dan juga target yang didapatkan oleh para peserta didik di lapangan. Hal ini bertujuan untuk membuat sebuah kegiatan pembelajaran yang lebih baik di kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan selanjutnya.

Demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya berikan tentangnya. Semoga beberapa ulasan di atas dapat memberikan banyak manfaatnya bagi anda.