Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/02/2014

Media Pembelajaran Fisika

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang sangat diperlukan dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Dengan adanya sebuah media pembelajaran yang baik maka  para peserta didik akan dapat lebih mudah menerima materi pelajaran yang dianggap sulit untuk dipahami. Seperti yang selama ini kita ketahui bahwa tidak semua materi pelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidik di sekolah dapat dipahami dengan baik oleh para peserta didik. Salah satunya adalah pelajaran fisika. Karena hal tersebutlah maka diperlukan sebuah media pembelajaran yang baik agar para peserta didik dapat lebih memahami mata pelajaran yang satu ini. Nah pada ulasan berikut ini saya akan mencoba memberikan beberapa penjelasannya untuk anda, jadi simak ulasan berikut ini dengan seksama agar beragam sajian menarik tentangnya tidak terlewatkan oleh anda.

  1. Pelajaran fisika merupakan sebuah pelajaran yang termasuk dalam cabang Ilmu pengetahuan alam. Karenanya maka media pertama yang baik untuk digunakan pada mata pelajaran ini adalah lingkungan alam itu sendiri. Setiap tenaga pendidik harus peka dalam mengenali setiap kondisi lingkungan yang ada di sekitarnya yang dapat digunakan sebagai media yang baik dalam menyampaikan materi pembelajaran fisika yang berkaitan. Terutama pada fenomena-fenomena tertentu yang terjadi (kontekstual).
  2. Beberapa materi pembelajaran fisika ini adalah materi pembelajaran yang abstrak. Sehingga dengannya para peserta didik membutuhkan sebuah gambaran yang lebih nyata untuk dapat memahami penjelasan yang diberikan oleh tenaga pendidiknya. Karena hal tersebutlah maka media visual berupa gambar-gambar yang menunjang menjadi elemen penting dalam memberikan pembelajaran fisika ini.
  3. Media video atau animasi gerak. Saat ini seiring dengan kemajuan teknologi yang ada di dunia telah memunculkan sebuah teknologi video dan animasi gerak yang lebih canggih. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai media yang baik dalam pengajaran fisika. Contohnya semisal pada saat seorang tenaga pendidik menjelaskan tentang tata surya maupun perbintangan maka akan sangat baik jika dijelaskan menggunakan media video atau animasi. Karena hal tersebut akan lebih memudahkan para peserta didik dalam memahami apa yang disampaikan tenaga pendidiknya.

Demikianlah sedikit ulasan yang dapat saya berikan mengenai media pembelajaran fisika di atas. Semoga sajian yang saya sampaikan tersebut mampu memberikan banyak manfaatnya untuk anda sekalian. Sampai bertemu pada ulasan menarik yang berikutnya.