Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/30/2014

Metode Pembelajaran Fisika

Metode Pembelajaran Fisika - Fisika merupakan salah satu pelajaran dalam cabang ilmu pengetahuan alam. Pelajaran yang satu ini ternyata banyak ditakuti oleh para peserta didik karena kekurangpahaman yang mereka miliki tentang pelajaran fisika ini. Karena hal tersebutlah maka para tenaga pendidik harus cermat saat memilih metode pembelajaran yang baik dalam menyampaikan materi pembelajaran fisika kepada peserta didik yang dimilikinya. \

Terdapat beberapa metode yang dapat dipergunakan oleh tenaga pendidik dalam memberikan pembelajaran fisika. Di antaranya metode pembelajaran fisika yang saya maksudkan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Metode Pembelajaran fisika ceramah. Metode ini merupakan metode konvensional yang lazim digunakan yakni sebuah metode penyampaian materi pembelajaran fisika secara langsung dari tenaga pendidik kepada para peserta didiknya. Umumnya metode pembelajaran ini digunakan untuk menyiasati ketiadaan media pembelajaran yang menunjang, sehingga hal tersebut membuat tenaga pendidik efektif ketika menyampaikan materi secara langsung atau lisan. Metode pembelajaran ini juga tidak memerlukan biaya yang banyak dan memiliki waktu dan tempat yang lebih fleksibel.
  2. Metode pembelajaran fisika diskusi. Metode pembelajaran  ini dengan cara membentuk kelompok-kelompok kecil di sebuah kelas. Umumnya metode pembelajaran ini lebih menitikberatkan pada problem solving atau pemecahan masalah. Setiap anggota kelompok akan dituntut untuk menyumbangkan buah pemikirannya terkait dengan permasalahan yang diberikan oleh tenaga pendidik sehingga dengannya juga sangat baik untuk mengembangkan kedekatan personal di antara para peserta didik.
  3. Metode pembelajaran demonstrasi fisika. Pembelajaran fisika sering kali berkaitan dengan praktek, karena hal tersebutlah maka pembelajaran demonstrasi atau seorang tenaga pendidik  memberikan peragaan terhadap materi yang disampaikan. 
  4. Metode resitasi fisika. Metode ini sangat baik untuk meningkatkan pemahaman yang dimiliki oleh para peserta didik terhadap materi pembelajaran fisika. Para peserta didik diarahkan untuk membuat resume atau rangkuman menggunakan bahasa mereka sendiri terkait dengan pembelajaran fisika.
  5. Metode percobaan fisika. Praktikum fisika merupakan hal yang teramat penting bagi para peserta didik untuk dapat lebih memahami pelajaran fisika. Karena hal tersebutlah maka tak salah jika banyak yang berkata bahwa metode pembelajaran fisika ini merupakan metode pembelajaran yang efektif.

Itu tadi beberapa ulasan yang dapat saya sajikan kepada anda sekalian. Semoga dengannya dapat memberikan banyak manfaatnya.