Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/28/2014

Peranan Media Pembelajaran

Media pembelajaran merupakan salah satu dari banyak komponen penting dalam tercapainya sebuah kegiatan pembelajaran yang berkualitas. Mengapa? Karena media pembelajaran memiliki peranan utama dalam kegiatan pembelajaran. Dan tentangnya akan saya ulas di bawah ini, jadi akan sangat menarik untuk anda perhatikan.

Media pembelajaran memiliki berbagai macam peranan penting jika keberadaannya dapat dimaksimalkan. Beberapa peranan penting tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Meningkatkan konsentrasi para peserta didik ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Ketika ada sebuah media pembelajaran yang menarik bagi para peserta didik maka perhatian para peserta didik itu pun akan terpusat secara otomatis pada media pembelajaran yang digunakan. Sehingga dengan hal ini dapat menjadi momentum yang efektif bagi seorang tenaga pendidik menyampaikan materi pembelajaran.
  2. Meningkatkan pemahaman terkait materi pembelajaran. Banyak di antara peserta didik yang tidak dapat memahami materi pembelajaran yang bersifat abstrak. Sehingga dengan hal tersebut maka penggunaan media pembelajaran akan sangat membantu bagi mereka dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya.
  3. Meningkatkan semangat belajar para peserta didik. Dengan adanya media pembelajaran yang menarik maka hal tersebut akan dapat meningkatkan semangat belajar yang dimiliki oleh peserta didik. Mereka umumnya akan lebih giat untuk belajar karena berawal dari ketertarikan mereka terkait materi pembelajaran yang disampaikan dengan cara yang menyenangkan.
  4. Media pembelajaran dapat membuat peserta didik menjadi lebih aktif selama dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga dengan penggunaan media pembelajaran yang baik maka tenaga pendidik dapat memancing reaksi dari peserta didiknya terhadap materi pembelajaran yang disampaikan.
  5. Media pembelajaran yang baik dapat membagi tugas antara tenaga pendidik dan juga peserta didik. Dapat kita katakan bahwa dengan adanya media pembelajara maka kegiatan pembelajaran tidak terpusat pada seorang tenaga pendidik karena para peserta didik menjadi lebih aktif.
  6. Tujuan dari adanya kegiatan pembelajaran akan dapat tercapai. Fungsi utama dari adanya sebuah media pembelajaran adalah sebagai perantara bagi seorang tenaga pendidik untuk mengondisikan kepada para peserta didiknya untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Demikian yang dapat saya sajikan kepada anda sekalian pada ulasan kali ini. Semoga dengannya dapat memberikan banyak manfaatnya untuk anda. Sampai jumpa pada ulasan menarik di kesempatan berikutnya.