Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/17/2014

Tahapan Pengembangan Perangkat Pembelajaran

Pada ulasan yang istimewa kali ini saya akan mengajak anda sekalian untuk menyimak beberapa hal penting terkait dengan tahapan pengembangan perangkat pembelajaran. Jadi karenanya, untuk mendapatkan banyak info menarik yang saya sajikan. Maka penting bagi anda untuk menyisakan waktu luang yang anda miliki untuk membaca ulasan berikut dengan seksama.

Tahapan yang terdapat dalam pengembangan perangkat pembelajaran antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Tahap analisis. Tahap analisis merupakan upaya pertama yang dapat dilakukan oleh tenaga pendidik dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran yang diberikan kepada peserta didiknya. Hal yang menjadi acuan dari tahap ini adalah upaya identifikasi yang dilakukan oleh tenaga pendidik terhadap peserta didik yang mereka miliki.
  2. Tahap desain. Tahapan ini merupakan tahapan lanjutan ketika seorang tenaga pendidik telah dapat mengidentifikasi atau menganalisis para peserta didiknya. Tahap desain yang dimaksud di sini adalah seorang tenaga pendidik menentukan jenis desain pembelajaran yang seperti apa yang nantinya akan digunakan yang diharapkan akan sesuai dengan peserta didik dan para peserta didik tersebut dapat menerima pembelajaran dengan efektif.
  3. Tahap pengembangan. Seorang tenaga pendidik harus dapat mengembangkan desain pembelajaran yang dibuatnya menjadi sebuah hal yang mungkin untuk dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran. Atau dalam kata lain tahapan ini merupakan sebuah tahapan lanjutan ketika tenaga pendidik telah berhasil menyusun desain atau rancangan kegiatan pembelajaran.
  4. Tahap implementasi atau penerapan. Setelah berbagai upaya pengembangan kegiatan pembelajaran di atas mulai dari tahap analisis, desain dan pengembangan telah terlaksana dengan baik maka tahapan yang selanjutnya adalah mengimplementasikan atau menerapkannya ke dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Implementasi ini diharapkan akan dapat berjalan dengan baik karena sebelumnya telah didahului dengan proses-proses sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
  5. Tahap evaluasi. Tahap ini merupakan tahapan terakhir dari pengembangan pembelajaran. Tahapan ini memegang peranan yang sangat penting khususnya dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas dari kegiatan pembelajaran yang selanjutnya. Dengan adanya evaluasi maka segala kekurangan yang terdapat dalam kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung, idealnya akan diperbaiki pada kegiatan pembelajaran yang baru.

Demikianlah beberapa hal yang dapat saya berikan pada ulasan kali ini. Semoga dengannya dapat memberikan banyak manfaat bagi anda sekalian.