Seputarpendidikan003.blogspot.com

8/07/2014

Ciri Pembelajaran Tematik SD

Pembelajaran Tematik SD - Memasuki tahun ajaran baru, nampaknya para orang tua peserta didik di sekolah dasar akan mengalami sedikit kebingungan saat harus mengajari anak didik mereka. mengapa demikian Karena pada tahun ajaran yang baru ini ada sebuah sistem pembelajaran atau kurikulum baru yang diajarkan di SD yang berbeda dari tahun sebelumnya. Kegiatan pembelajaran untuk anak di sekolah dasar tersebut untuk tahun ajaran baru ini akan digunakan model pembelajaran tematik. Nah seperti apakah pembelajaran tematik untuk SD ini? Simak ulasan berikut ini dengan teliti dan seksama agar anda dapat menemukan banyak informasi menarik yang akan saya ulas tentangnya.

Pembelajaran tematik yang akan digunakan di sekolah dasar memiliki beberapa ciri khusus yang membedakannya dengan kegiatan pembelajaran yang lainnya. Beberapa ciri pembelajaran ini antara lain adalah sebagai berikut.
  1. Student Center. Proses pembelajaran tematik SD ini memiliki ciri yakni kegiatan pembelajaran berpusat pada peserta didik. Artinya peranan tenaga pendidik di sini dibatasi hanya sebagai komunikator dan fasilitator yang bertugas mengondisikan pembelajaran agar dapat berlangsung efektif.
  2. Pembagian mata pelajaran yang tidak begitu jelas. Disinilah yang menjadikan orang tua murid akan kebingungan saat mengajari anaknya di rumah. Pasalnya selama ini para orang tua terbiasa mengajari anaknya dengan pembagian mata pelajaran layaknya matematika, bahasa, ipa, ips dan lain sebagainya. Sedangkan, berdasarkan pembelajaran ini maka materi pelajaran dibedakan hanya berdasarkan temanya saja.
  3. Pembelajaran semacam ini dapat dikatakan sebagai sebuah kegiatan pembelajaran berbasis pengalaman. Karena di sini para siswa akan lebih ditekankan untuk mengalami sendiri terkait materi pelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya sehingga mereka dapat lebih mudah mengerti dan bukan hanya menghapal seperti yang selama ini terjadi.
  4. Arah kegiatan pembelajaran yang selama ini terjadwal dengan jelas tidak akan terlihat lagi. Karena pada pembelajaran ini arah atau tujuan dari kegiatan pembelajaran bersifat fleksibel tergantung dari minat dan kemampuan dan kemajuan yang dimiliki oleh peserta didik. Dengan harapan kegiatan pembelajaran yang diberikan dapat lebih efektif.
Itu tadi beberapa ulasan yang dapat saya sajikan untuk anda sekalian terkait dengan pembelajaran tematik untuk SD di atas. Semoga dengannya dapat memberikan banyak manfaatnya bagi anda sekalian.