Seputarpendidikan003.blogspot.com

8/19/2014

Contoh Desain Pembelajaran TK

Desain Pembelajaran TK - Pendidikan anak usia dini / paud dan taman kanak-kanak menjadi salah satu pendidikan yang penting untuk diperhatikan. Bisa kita katakan bahwa pendidikan di sekolah tersebut merupakan pendidikan pengenalan yang dengannya dapat kita intensifkan untuk membentuk dasar kepribadian yang dimiliki oleh para peserta didik selain tetap mengutamakan pendidikan primer yang intens di dalam lingkungan keluarganya. Dalam kehidupan para peserta didik, pendidikan tk dan paud memiliki pengaruh yang besar, yakni ketika mereka memiliki semangat yang besar dalam masa tersebut, kemungkinan terbesar semangat tersebut akan terbawa dalam kegiatan belajar mereka di tingkat lanjut. Karena itulah diperlukan sebuah model desain pembelajaran yang sesuai untuk mereka. Nah, berikut ini saya akan memberikan satu contoh desain pembelajaran TK yang menarik untuk diterapkan pada anak usia tk atau paud seperti di bawah ini.

  1. Gaya bercerita. Setiap anak di dunia ini menyukai cerita. Masing-masing di antara mereka memiliki daya imaginasi tersendiri ketika seorang tenaga pendidik menceritakan sesuatu padanya. Karena itu maka metode bercerita dalam pembelajaran paud dan TK menempati urutan pertama, selain karena membangkitkan minat belajar yang dimiliki peserta didik, hal ini juga akan memacu para peserta didik untuk meningkatkan daya imaginatif.
  2. Bernyanyi. Selain bercerita, maka anak-anak juga menyukai aktivitas bernyanyi, sehingga dengan hal ini maka menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan bagi anak dengan menyanyi, maka hal tersebut akan membuat anak betah selama dalam kegiatan pembelajaran. Di samping itu banyak lagu anak yang dapat digunakan oleh tenaga pendidik dalam meningkatkan semangat para peserta didiknya.
  3. Belajar dalam bermain. Metode ini sangat tepat jika diberikan kepada anak usia dini maupun tk. Karena pada dasarnya usia anak tersebut merupakan usia bermain, sehingga dengan menerapkan usaha ini sama dengan semua upaya untuk memasuki dunia mereka. Dan ketika kita telah bisa masuk ke dalam dunia mereka, maka kita akan semakin mudah dalam memberikan pembelajaran pada mereka.

Itu tadi beberapa ulasan yang dapat saya sajikan tentangnya. Semoga beberapa ulasan yang telah saya sampaikan di atas dapat memberikan banyak manfaatnya bagi anda sekalian. Sampai jumpa di ulasan menarik yang akan saya sajikan kepada anda di kesempatan berikutnya.