Seputarpendidikan003.blogspot.com

8/18/2014

Konsep Media Pembelajaran

Di dalam konsep media pembelajaran, terdapat metodologi yang mendasari pembelajaran. Dan metodelogi tersebut mempunyai dua aspek terpenting, yaitu yang pertama media pembelajaran yang berfungsi sebagai alat di dalam proses belajar mengajar, dan yang kedua metode pembelajaran. Dalam proses mengajar, selalu ada penilaian yang berfungsi sebagai alat pengukur kemampuan siswa dalam menerima pembelajaran. Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, dibutuhkan beberapa media pendukung lain seperti teknologi. Karena media pendukung proses belajar teknologi tersebut, sangat berperan sekali terhadap dunia pendidikan. Misalnya ketika sekolah menyediakan computer untuk proses belajar, dari computer tersebut akan menjadi pembelajaran yang sangat kreatif dan dapat menjadikan siswa lebih cerdas dalam dunia teknologi. Selain itu, computer juga menjadi kebutuhan penting bagi pihak sekolah untuk mengatur data-data atau informasi tentang siswa dan sekolah.

Ketika teknologi menjadi alat untuk mengembangkan pembelajaran, maka bermunculan media pembelajaran yang seharusnya diterapkan oleh guru di dalam kelas. Namun, masih banyak guru yang menggunakan metode lama untuk proses belajar. Sehingga murid-murid merasa jenuh ketika proses belajar dimulai. Sebagai contoh konsep media pembelajaran yang seharusnya digunakan adalah metode jigsaw. Dalam metode  tersebut, siswa harus berperan aktif dalam belajar di kelas. Jadi, sang murid membuat beberapa kelompok, biasanya terdiri satu kelompok terdapat lima orang. Kemudian, dalam kelompok tersebut harus menjelaskan tentang materi yang diberikan oleh guru.

Jika dikembangkan dengan baik, maka proses pembelajaran akan menyenangkan bagi siswa maupun guru, karena membuat anak semakin aktif dan berani untuk tampil di depan kelas. Rasa minder yang dirasakan oleh siswa biasanya karena kurang terbiasa dalam menunjukkan kemampuannya di depan kelas. Itu akibat guru yang hanya bercerita di depan kelas dan akhirnya berdampak buruk bagi perkembangan belajar anak. Disisi lain, jika murid-murid merasa nyaman dalam belajar, maka kemampuan menyimpan materi pun akan lebih besar.

Konsep media pembelajaran yang digunakan sekolah saat ini sudah ada yang memakai media dan metode yang disarankan oleh dinas pendidikan. Dan guru yang berperan aktif juga sudah banyak digencarkan penerapannya. Sudah semakin sedikit pembelajaran yang menggunakan metode lama, dan jika hal tersebut diterapkan, maka akan semakin baik pendidikan yang diajarkan.