Seputarpendidikan003.blogspot.com

8/14/2014

Makalah Desain Pembelajaran

Makalah desain pembelajaran biasanya dikerjakan oleh mahasiswa tingkat akhir. Karena dibutuhkan pemahaman tersendiri untuk mengerjakannya. Desain pembelajaran merupakan suatu perancangan yang akan digunakan dalam proses mengajar. Dalam pengertian tersendiri desain pembelajaran dapat diartikan sebagai praktek dalam penyusunan media teknologi serta komunikasi, dan juga terdapat isi untuk membantu agar dapat terjadi transfer pengetahuan yang lebih efektif antara sang murid dengan guru. Didalam proses tersebut terdapat beberapa isi didalamnya, seperti merancang media untuk mendukung teori belajar.

Ketika seorang guru merancang pembelajaran, harus mengacu pada system yang telah ditentukan. Hal ini digunakan agar kegiatan mengajar tersebut sesuai dengan standar kompetensi yang diterapkan. Dalam makalah desain pembelajaran, memiliki beberapa bab dan subab yang terdiri dari kata pengantar, kemudian daftar isi. Di dalam daftar isi inilah kita dapat mengetahui bab apa saja yang ada dalam desain pembelajaran. Biasanya diawali dengan pendahuluan, yang berisi latar belakang dari apa yang dibahas yakni desain pembelajaran, kemudian tujuan dibuatnya makalah tersebut, dan mengapa mengambil materi tentang desain pembelajaran.

Untuk bab selanjutnya adalah pendahuluan. Terdapat pengertian dan penjelasan yang membahas desain pembelajaran, kemudian komponen apa saja yang terdapat di dalam desain pembelajaran, lalu ada model apakah yang akan diterapkan, lalu bab yang terakhir adalah penutup.

Komponen yang ada pada desain pembelajaran ialah adanya tujuan pembelajaran yang harus dikuasai oleh para peserta didik. Kemudian sang guru juga harus berperan dalam mengetahui bagaimana karakteristik dari setiap siswa. Dan kemampuan apa yang bisa dikuasai oleh setiap murid. Selanjutnya sang guru harus menganalisis pembeljajaran yang akan disampaikan. Tujuannya agar materi tersebut bisa mudah dipahami dan apakah pelajaran tersebut berat untuk dikuasai oleh siswa.

Model dari desain pembelajaran juga sangat banyak, diantaranya ada dick and carrey. Dalam model tersebut memiliki langkah-langkah desain tersendiri, seperti mengidentifikasi tujuan secara umum dari pembelajaran. Selanjutnya menganalisis materi, dan merumuskan tujuan dari perfomansi.

Makalah desain pembelajaran harus dibuat sejelas mungkin agar dapat dikaji dengan tepat dan diaplikasikan secara nyata di dunia pendidikan.