Seputarpendidikan003.blogspot.com

8/02/2014

Pendidikan yang baik Untuk Anak-Anak

Pendidikan yang baik untuk anak-anak bukanlah menyuruh anak untuk pergi sekolah setiap hari tanpa melakukan adanya pendekatan secara emosional maupun memaksa anak-anak untuk melakukan kegiatan monoton setiap hari selama bertahun-tahun. Sekolah merupakan suatu lembaga pendidikan yang dibangun oleh pemerintah memiliki tujuan sebagai jembatan bagi seorang anak untuk mendapatkan pendidikan yang nantinya akan berguna bagi perkembangan seorang hingga usia dewasa. Tanggung jawab agar proses pendidikan ini berhasil bukan hanya menjadi tanggung jawab bagi sekolah, namun juga tanggung jawab orang tua dan masyarakat. Suatu prestasi seorang anak akan mudah meningkat jika orang tua juga turut terlibat langsung dalam dilaksanakannya proses belajar mengajar.

Berikut beberapa proses yang bisa dijalankan oleh orang tua agar seorang anak bisa sukses dalam menempuh proses pendidikan di sekolah.

Support atau dukungan yang diberikan orang tua
Dukungan yang diberikan bisa berupa kunjungan orang tua murid ke sekolah, selain melihat situasi juga mengenal lingkungan pendidikan yang ada di sekolah, juga  minat pada aktivitas di sekolah akan meningkatkan kualitas pendidikan siswa.

Kerja sama Orang Tua Murid dengan Guru
Sangat penting bagi orang tua memiliki hubungan yang dengan guru yang ada di sekolah, Hal ini bisa membantu dalam memantau perkembangan seorang anak dan  jika anak memiliki masalah di sekolah maka seorang guru akan lebih mudah dalam hal penyampaian serta konsultasi untuk pencapaian solusi terbaik jika memang diperlukan. Pada dasarnya seorang orang tua juga perlu memberikan informasi mengenai perkembangan anaknya sehingga sang guru bisa memahami si anak dengan lebih baik.

Selalu meluangkan waktu bagi anak-anak
Berikan kebiasaan untuk memberikan waktu luang kepada anak-anak anda, sehingga proses komunikasi selalu terjaga.  Sangat penting untuk selalu berkomunikasi dengan anak anda, sehingga apapun yang terjadi pada anak anda, anda selalu mengetahui akar permasalahannya.

Selalu mengawasi kegiatan Belajar yang ada di rumah
Mengawasi kegiatan belajar yang ada di rumah merupakan hal yang penting karena membantu anak untuk menciptakan disiplin diri dalam penyelesaian tugas serta mengembangkan rasa tanggung jawab.

Menjadi sahabat bagi anak-anak
Menjadi sahabat bagi anak-anak  adalah cara yang paling efektif dalam meningkatkan perkembangan psikologis seorang anak.