Seputarpendidikan003.blogspot.com

11/16/2014

Apakah Itu Sinonim Bahasa Indonesia?

Bahasa Indonesia memang benar – benar bahasa yang unik, karena di dalam bahasa tersebut terdapat berbagai macam jenis – jenisnya lagi. Contohnya saja terdapat antonim bahasa Indonesia, dan sinonim bahasa Indonesia. Apakah anda tahu apakah itu sinonim? sebelum membahas lebih lanjut tentang sinonim, kami di sini akan memberi informasi bahwa mempelajari bahasa Indonesia itu sangat lah di perlukan. Dengan anda mempelajari bahasa Indonesia, maka anda berarti ikut berpartisipasi dalam menjaga dan melestarikan keutuhan warisan budaya Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan bahasa Nasional, dan menjadi ciri khas tersendiri bagi Negara Indonesia.

Sinonim Bahasa Indonesia Salah Satu Keunikannya

Sinonim bahasa Indonesia merupakan suatu kata yang mempunyai bentuk berbeda namun mempunyai arti atau pengertian yang mirip atau sama. Sinomin dapat di sebut juga dengan padanan kata atau persamaan arti kata. Sinonim bahasa Indonesia ini menjadi salah satu keunikan yang di miliki oleh bahasa Indonesia. Namun tidak hanya sinonim yang menjadi keunikannya, di antaranya yaitu karena tata bahasa Indonesia itu sangat sederhana, bahasa Indonesia merupakan bahasa yang terbuka terhadap seluruh perkembangan bahasa, tidak ada perubahan kata kerja yang dikarenakan tenses, sehingga lebih mudah untuk di pelajari. Kemudian yang selanjutnya tidak ada kata ganti sebagai subjek atau objek dan dalam hal pengucapan tidak jauh berbeda dengan tulisannya, jadi apa yang tertulis, maka itu yang di baca.

Sinonim di bagi menjadi 3 jenis, yaitu sinonim mutlak, sinonim semirip dan sinonim selingkung. Sinonim mutlak yaitu yang kata - katanya dapat bertukar tempat di dalam konteks kebahasaan tanpa mengubah makna struktural serta makna leksikal dalam sebuah rangkaian frasa / kata / kalimat / klausa. Sinonim semirip yaitu, kata - katanya dapat bertukar tempat di dalam konteks kebahasaan tanpa mengubah makna struktural serta leksikal dalam rangkaian frasa / kata / kalimat / klausa tersebut saja. Dan yang terakhir yaitu sinonim bahasa Indonesia selingkung adalah yang kata - katanya dapat saling mengganti dalam suatu konteks kebahasaan tertentu secara struktural serta leksikal.