Seputarpendidikan003.blogspot.com

11/24/2014

Belajar Menulis Hangul ( Hangeul ) Bahasa Korea

Sekarang ini demam korea semakin menjamur di indonesia, tidak hanya sekedar lagu atau pakainannya saja tetapi kita juga harus bisa belajar menulis hangul atau bahasa korea.

Akan lebih menyenangkan saat kita menyukai lagu korea dan kita juga bisa menuliskannya dengan bahasa korea. Atau hanya sekedar ingin menulis nama kita dalam bahasa korea. Atau mungkin juga ingin menuliskan kata-kata indah dalam bahasa korea untuk orang yang kita sayangi. Tentu akan menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk belajar menulis hangul.

Dengan keinginan yang kuat belajar apapun akan menjadi terasa lebih mudah, termasuk belajar menulis hangul atau bahasa korea ini. banyak yang berpendapat bahwa belajar menulis hangul lebih mudah daripada harus belajar bahasa mandarin atau belajar bahasa jepang.

Pada hangul tulisan korea antara hurufnya tidak banyak berbeda. Hal inilah yang membuat belajar menulis hangul menjadi lebih mudah dipelajari.

Untuk belajar menulis hangul paling dasar adalah belajar mengenal dan menulis huruf vokal .
A - YA = (ㅏ - ㅑ)
E - YE = (ㅔ - ㅖ)
EO - YEO = (ㅓ - ㅕ)
AE - YAE = (ㅐ - ㅒ)
U - YU = (ㅜ - ㅠ)
O - YO = (ㅗ - ㅛ)
I = (ㅣ)
EU = (ㅡ)
NG = (ㅇ)

Dari huruf A dan YA hanya berbeda satu garis saja begitu juga dengan huruf yang lain, sehingga akan memudahkan kita untuk mengingat serta mempelajarinya.

Apabila huruf vokal berada pada awal kata tanpa huruf konsonan maka harus dibantu atau ditambah dengan huruf NG atau (ㅇ). Namun meskipun ditambah dengan huruf NG (ㅇ) diawal, pembacaannya tetap hanya huruf vokalnya. Mudah kan?

Berikut adalah penulisan huruf vokal yang sudah ditambahkan dengan huruf NG (ㅇ).

아 = A
에 = E
우 = U
오 = O
애 = AE
이 = I
으 = EU
요 = YO
여 = YEO
야 = YA
얘 = YAE
예 = YE
유 = YU

Nah itulah penulisan vokal yang ditambah dengan huruf NG (ㅇ). Sebaiknya anda belajar menulis hangul ini jangan hanya membacanya saja tetapi juga mulai corat coret di kertas. Karena belajar apapun akan lebih mudah jika kita juga mempraktekannya.

Sebagai contoh kita akan menulis kata abeoji yang artinya ayah.

ABEOJI = 아버지
(A = ㅏ) huruf A ini dibantu dengan hhuruf NG karena huruf vokal diawal kata jadi = (아)
(B = ㅂ)
(EO = ㅓ)
(J = ㅈ)
(I = ㅣ)

Selamat mencoba kawan. Sudah berapa hurufkan yang kamu bisa tulis dengan huruf hangul? Pasti minimal sudah bisa 1 atau 2 huruf. Semoga artikel saya ini bermanfaat dan dapat membantu kawan-kawan dalam belajar menulis hangul.