Seputarpendidikan003.blogspot.com

11/30/2014

Cara Menulis Artikel Ilmiah

Cara menulis artikel ilmiah haruskah dipenuhi dengan kata-kata atau istilah yang berat dan jarang dipakai masyarakat umum? Sebelum membuat atau menulis sebuah artikel ilmiah sebaiknya anda paham dahulu bagaimana cara menulis artikel ilmiah yang baik serta Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam penulisan artikel ilmiah.

Artikel adalah sebuah karangan faktual tentang suatu maslah yang disajikan secara lengkap. Artikel ilmiah merupakan karya ilmiah yang dikhususkan untuk diterbitkan pada jurnal ilmiah. karena artikel ilmiah ini bersifat faktual maka untuk menulis sebuah artikel ilmiah tentu saja tidak semudah seperti cara menulis artikel umum yang lain.

Pada penulisan artikel ilmiah kita tidak bisa sesuka hati kita menuangkan ide-ide yang ada di otak kita. Dalam menulis sebuah artikel ilmiah kita harus memperhatikan aturan aturan dan patokan-patokan dalam penulisan artikel ilmiah

Artikel ilmiah memiliki beberapa komponen penting yang harus ada dalam sebuah artikel. Dan ini merupakan komponen penting yang harus anda perhatikan untuk menulis artikel ilmiah

1. Judul artikel

Judul pada artikel ilmiah dibuat dalam dua bahasa yaitu bahasa indonesia dan bahasa inggris. Judul artikel ilmiah haruslah singkat, deskriptif, informatif dan menggambarkan isi dari artikel ilmiah

2. Nama dan alamat penulis

Nama penulis artikel ditulis dengan tidak mencantumkan gelar akademik ataupun gelar kepangkatan dari penulis.

3. Abstrak dan kata kunci

Sama seperti judul, abstrak juga ditulis dalam dua bahasa yaitu bahasa indonesia dan bahasa inggris. Abstrak merupakan ringkasan darii artikel ilmiah yang dibuat. Kata kunci biasanya diambil dari istilah yang ada pada judul. Banyaknya kata kunci dalam sebuah abstrak antara 3 hingga 5 kata kunci.

4. Pendahuluan

Pendahuluan berisi tentang suatu permasalahan atau konsep dari penelitian sebelumnya dan juga alasan mengapa perlu dilakukan penelitian yang akan ditulis menjadi artikel ilmiah. selain itu pada bagian pendahuluan juga berisi tentang latar belakang masah dan juga rumusan masalah.

5. Metode

Apabila menggunakan metode yang sudah pernah dipakai sebelumnya maka harus dicantumkann acuan pustakanya. Pada bgian ini tulislah pendekatan yang dipakai atau metode yang digunakan.

6. Hasil dan pembahasan

Ilustrasi dari hasil penelitian dapat disajikan dalam bentuk grafik, tabel ataupun gambar.

7. Kesimpulan dan saran

Bagian kesimpulan ini berisi mengenai penegasan dari hasil penelitian yang diperoleh oleh penulis

8. Daftar pustaka

Tuliskan semua rujukan yang dipakai dalam penulisan artikel ilmiah dan yang dicantumkan dalam isi artikel ilmiah. sebaiknya daftar pustaka dibuat paling akhir agar tidak ada rujukan yang tertinggal atau tidak tercantum dalam daftar pustaka.

Itulah komponen – komponen penting dalam penulisan artikel ilmiah. semoga artikel mengenai cara menulis artikel ilmiah dapat memberikan banyak manfaat buat anda.