Seputarpendidikan003.blogspot.com

11/05/2014

Jurnal Pendidikan Karakter Dan Informasi Mengenai Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter merupakan salah satu pendidikan terpenting dalam hidup. Hal ini dikarenakan area cakupan kajiannya yang meliputi bagian dari softskill manusia. Jurnal pendidikan karakter memiliki tujuan untuk mempermudah pembelajaran atau studi mengenai pendidikan karakter yang memiliki berbagai macam dimensi. Pendidikan karakter merupakan salah satu bagian dari bidang ilmu pendidikan dan psikologi yang menekankan kepada aspek teori, pemahaman serta aspek penerapan sekaligus. Dimana dapat dikatakan bahwa obyek disiplin ilmu pendidikan karakter yakni karakter menyangkut mengenai konsep moral (moral concept), sikap moral (moral feeling) serta perilaku moral (moral behaviour). Agar lebih memahamilah maka jurnal pendidikan karakter dihadirkan serta berbagai informasi mengenai pendidikan karakter perlu diketahui.

Berbagai Informasi dalam Jurnal Pendidikan Karakter

Informasi merupakan salah satu bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Bahkan dalam peperangan, informasi terkadang lebih berharga dibanding nyawa, dikarenakan dapat mempengaruhi jalannya perperangan. Begitu juga dalam pendidikan karakter. Informasi mengenai pendidikan karakter selalu menjadi penting karena tidak semua manusia memahami mengenai arti pentingnya pendidikan karakter. Pendidikan karakter bermakna usaha yang dilakukan untuk membantu seseorang agar dia dapat memahami , memperhatikan serta menerapkan nilai-nilai etika atau moral yang utama. Sebagaimana yang telah dipaparkan sebelumnya karena memiliki objek karakter, maka dimensi keterkaitannya berkaitan dengan konsep, sikap serta perilaku atau sesuatu yang diterapkan.

Selain itu dalam jurnal pendidikan karakter kita juga akan menemukan informasi mengenai latar belakang dibutuhkannya pendidikan karakter. Secara singkat, latar belakang kenapa dibutuhkan pendidikan karakter adalah berkaitan erat dengan hakikat hidup manusia untuk berkembang menjadi lebih baik dari sebelumnya. Untuk memahami berbagai sikap dan perilaku manusia kita mememerlukan sebuah media pembelajaran yang terdapat dalam bidang ilmu psikologi. Sedangkan pendidikan karakter merupakan sarana untuk menanamkan sikap dan perilaku positif ke dalam diri manusia. Sehingga untuk melaksanakan fungsi penanaman tersebut maka diperlukan jurnal pendidikan karakter yang akan memberikan ruang serta sarana untuk mempelajari ilmu pendidikan karakter, perkembangan pendidikan karakter serta penelitian dalam ruang lingkup pendidikan karakter.