Seputarpendidikan003.blogspot.com

11/12/2014

Peran Pentingnya Kamus Bahasa Indonesia

Seperti pada umumnya kamus, kamus bahasa Indonesia merupakan sebuah buku acuan yang di dalamnya memuat kata dan juga ungkapan. Kamus biasanya akan di susun menurut abjad serta keterangan – keterangan tentang makna, pemakaian dan terjemahan. Banyak yang mengira bahwa acuan itu sama dengan seperti kamus. Padahal kamus dengan acuan itu sangat berbeda. Acuan memberikan uraian tentang bermacam – macam bidang ilmu atau cabang ilmu tertentu dalam beberapa artikel terpisah, maka itu akan di sebut dengan ensiklopedi, sedangkan jika kata - kata tidak di susun alfabetis atau di susun atas pengelompokan sinonim, hiponim, dan antonim, maka itu di sebut tesaurus.

Kegunaan Kamus Bahasa Indonesia

Kamus bahasa Indonesia berguna untuk membantu seseorang untuk mengenal kata - kata Indonesia yang baru beserta maknanya. Selain untuk menerangkan makna, kamus bahasa Indonesia juga akan memuat cara - cara untuk mengucapkan kata tersebut, kemudian menerangkan asal kata dan memberikan contoh penggunaannya di dalam masyarakat. Seperti yang di katakan oleh Samuel Johnson, Penyusun Dictionary of the English Language, bahwa fungsi dari kamus yaitu untuk memelihara kemurnian dari bahasa. Pendapat sama juga di kemukakan Noah Webster, penyusun An American Dictionary of The English Language. Selain manfaat kamus yang sudah kami tuliskan di atas, ada manfaat kamus yang di hasilkan langsung yaitu yang pertama untuk mengembangkan dan menambah perbendaharaan kata.

Di sini tidak hanya untuk menambah kata per kata, namun juga kalimat, frasa, klausa, dan bahkan peribahasa. Kemudian dapat merangsang kemampuan utama dari bahasa Indonesia dan juga bahasa asing. Dan yang terakhir yaitu, untuk membantu anda dalam menulis. Menulis di sini tidak hanya bagi freelance writer, namun juga untuk freelancer pada bidang lain. Selain untuk lebih mempermudah anda dalam menulis, perbendaharaan kata yang banyak juga akan membantu anda dalam melakukan komunikasi dengan klien atau pun calon klien asing agar tidak selalu menggunakan istilah sama karena itu akan menjadi monoton. Itu lah beberapa peran penting dari sebuah kamus bahasa Indonesia