Seputarpendidikan003.blogspot.com

12/19/2014

Asyiknya Belajar Menulis Arab

Belajar bahasa Arab sekarang ini lebih mudah karena sudah banyak fasilitas yang mendukung untuk memahami bahasa dan tulisan Arab. Materi awal yaitu dengan belajar menulis huruf dan angka Arab. Pengenalan konsep untuk belajar menulis arab dapat dilakukan melalui permainan-permainan. Benda-benda disekitarnya dapat membantu mereka mengenal tulisan Arab. Tulisan Arab tersebut dapat digambarkan dengan benda-benda yang ada di sekitar kita misalnya manik-manik atau batu kerikil. Biarkan mereka menulis sendiri tidak harus sama dengan contoh dan tidak harus bagus. Alangkan baiknya titik-titik yang sudah dibuat oleh Anda dibuat sedikit saja agar mereka tidak terpaku pada titik-titik tersebut agar anak menjadi kreatif dengan gaya tulisannya masing-masing. Apabila konsep belajar menulis Arab mengasyikkan pasti materi akan dapat diterima mereka dengan mudah.

Belajar menulis Arab merupakan tahap berikutnya setelah pembelajaran mengolah kata dalam bentik lisan. Kemudian ajarkan anak didik Anda melafadzkan dengan benar dan tepat huruf- huruf hijaiyah.

Berikut konsep untuk belajar menulis Arab yang asyik bagi anak.

Tahap awal belajar menulis Arab yaitu ajarkan tuliskan yang baku atau standar. Contohnya tulisan balok atau tegak untuk tulisan latin dan tulisan Arabnya menggunakan Khot Naskhi. Setelah mereka memahami kaidah penulisannya dengan benar, berilah contoh model tulisan yang sederhana. Tujuannya yaitu agar mereka mau belajar menulis Arab dengan cepat. Materi berikutnya ajarkan mereka menulis tegak bersambung untuk tulisan latinnya dan tulisan Arabnya menggunakan Khot Riq’ah. Belajar menulis Arab dengan metode ini harus tetap ada pengawasan dan bimbingan agar anak cepat memahami tiap huruf dan angkanya. Materi berikutnya yaitu contoh bagaimana huruf-huruf yang digabungkan untuk membentuk sebuah kata.

1. Mulailah dari kata yang sederhana.


Kata "Syam" arti dalam bahasa Arab yaitu matahari. Kata ini terdiri dari huruf "Syin", Mim" dan "Sin".
huruf "Syin" à dalam bentuk awalnya
huruf "Mim" à dalam bentuk tengahnya
huruf "Sin" à dalam bentuk akhirnya...

Setelah digabungkan, maka terbentuk kata "Syams". Ingat, menulis hijaiyah arab dari arah kanan ke kiri.

2. Menulis lebih komplek

Misalnya menulis “Fadi”. Kata ini dimulai dengan huruf F , dalam bahasa Arab yaitu setara dengan huruf "Fa". Huruf selanjutnya yang setara dengan A dalam bahasa Arab yaitu Alif .
Kemudian huruf D, yaitu "Dal". Terakhir huruf "I" atau "Y" yaitu huruf "Ya" dalam bahasa Arab.

Catatan Penting: Ingat bahwa huruf "Alif" dan "Dal", huruf ini tidak dapat digabungkan dengan huruf lain setelahnya, jika huruf "Alif" dan "Dal" tersebut berada di tengah atau di akhir kata sehingga huruf ini harus ditulis dalam bentuk yang terpisah karena ini sudah menjadi ketentuan dasar. Huruf "Dal" setelah huruf "A", dan huruf "Ya" setelah huruf "Dal".

Cara Belajar menulis Arab ini akan lebih cepat dipahami anak apabila diajarkan secara rutin dan disampaikannya pada suasana yang mengasyikan. Insya Allah anak didik Anda akan lebih mudah menangkap setiap materi yang anda berikan.