Seputarpendidikan003.blogspot.com

12/05/2014

Zat dan Wujudnya

Zat dan Wujudnya
1. Macam - macam wujud zat
Dalam fisika sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa di sebut zat. 
Misalnya air yang berada di dalam ember, udara yang berada di dalam balon, meja yang berada di dalam kelas. 

Zat dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan wujudnya yaitu zat padat, zat cair dan zat gas. Karakteristik zat padat adalah susunan antar partikel sangat teratur sehingga jarak antar partikel rapat, gaya tarik antar partikel sangat besar, bentuknya selalu tetap, volumenya selalu tetap. Contoh zat padat meja, papan tulis, lemari.

Karakteristik zat cair susunan partikel agak renggang sehingga Jarak antar partikelnya agak longgar,
Gaya tarik antar partikelnya sedikit lemah, Volumenya tetap, Bentuknya berubah meyesuaikan wadahnya. Misal ketika air berada di dalam gelas maka bentuknya seperti gelas tetapi ketika dipindahkan ke dalam botol bentuknya kan seperti botol.

 Sedangkan karakteristik zat gas susunan partikel berjauhan sehingga Jarak antar partikelnya sangat renggang, Gaya tarik antar partikelnya sangat lemah, Volumenya selalu berubah-ubah, Bentuknya sselalu berubah-ubah.misalnya ketika balon mengembang di dalam balon terdapat udara yang menyerupai balon dan memilikivolume tertentu, ketika balon menyusut bentuk udara dan udara di dalam balon menyesuaikan balon tersebut.

2. Perubahan wujud zat
ketika suatu zat di beri kalor maka zat akan mengalami perubahan wujud. Berdasarkan diagram perubahan wujud di atas, perubahan zat dari wujud yang satu ke wujud yang lainnya dapat dijelaskan sebagai berikut.

1. Membeku ialah perubahan wujud dari zat dari cair menjadi zat padat
Peristiwa perubahan wujud dari cair menjadi padat melepaskan panas.contohnya air yang di masukkan ke dalam kulkas akan berubah menjadi es.

2. Mencair atau melebur ialah perubahan wujud dari zat padat menjadi zat cair
Peristiwa perubahan wujud zat dari zat padat menjadi zat cair membutuhkan panas. Contoh margarin yang dipanaskan akan menjadi minyak.

3. Mengkristal ialah perubahan wujud dari gas menjadi zat padat
Peristiwa perubahan wujud dari gas menjadi zat padat melepaskan panas. Contohnya proses pembuatan garam dari uap air laut

4. Menyublim yaitu perubahan wujud zat dari zat padat menjadi gas
Peristiwa perubahan wujud dari zat padat menjadi gas memerlukan panas. Contohnya kapur barus yang berada di lemari lama-lama akan habis.

5. Menguap yaitu perubahan wujud zat dari zat cair menjadi gas
Peristiwa perubahan wujud dari zat cair menjadi gas memerlukan panas. Contohnya air yang dipanaskan terus menerus akan menjadi uap.

6. Mengembun yaitu perubahan wujud zaat dari gas menadi zat cair.
Peristiwa perubahan wujud dari gas menjadi zat cair melepaskan energi panas. Contohnya gelas berisi es teh di letakkan di tempat teruka maka lama –kelamaan di bagian luar gelas akan timbul bintik bintik air.