Seputarpendidikan003.blogspot.com

1/01/2015

Belajar Menulis Novel dengan Cepat

Setiap orang yang ingin belajar menulis novel biasanya karena termotivasi sering membaca novel. Banyaknya novel yang dibaca, Anda pun dapat mengkritisi setiap novelnya itu berkualitas bagus atau tidak. Apabila Anda ingin belajar menulis novel, harus mempersiapkan waktu yang cukup panjang untuk memikirkan dan menulisnya. Menulis novel akan lebih cepat terselesaikan apabila Anda mengetahui caranya. Ketika Anda mengalami kesulitan menyelesaikan penulisan novel, biasanya berhenti sejenak atau cukup lama karena kehabisan inspirasi. Apabila Anda masih sibuk dengan urusan lain, penulisan novelnya pun akan terbengkelai.

Beberapa tips bagus yang dapat membantu Anda belajar menulis novel dengan cepat :

1. Tetapkan Dead Line

Menulis novel harus punya sasaran dead line. Penulisan novel ibarat lomba lari, Anda harus menyelesaikannya sampai garis finis. Beberapa waktu ke depan jika lari terus menerus akan merasa kecapean. Akan tetapi, Anda harus punya motivasi untuk menyelesaikannya. Begitu juga ketika belajar menulis novel, Anda harus memiliki sasaran atau target agar rasa malas dan putus asa hilang dari benak pikiran Anda. Dead line akan tercapai apabila Anda selalu melihat garis finisnya. Segera kumpulkan tenaga, fokus, dan “berlarilah” secepatnya. Semua target akan tercapai apabila mengikuti mengikuti perencanaan yang matang berikut ini:

a. Tetapkan dulu jumlah halaman yang ingin ditulis. Misalnya ingin menulis novel 150 halaman.

b. Tetapkan dead line pengerjaannya. Misalnya Anda ingin segera menyelesaikan novel dalam lima bulan.

c. Tetapkan juga target jangka pendek. Jika jumlah halaman yang Anda targetkan 150 halaman dan target penyelesaiannya selama 5 bulan, cobalah dihitung. Perhitungannya yaitu jumlah halaman dibagi dengan jumlah bulan. Hasilnya yaitu

 - 150 halaman : 5 bulan = 30 halaman dalam 1 bulan.

    Kemudian hitung lagi target jangka pendeknya itu menjadi target mingguan, yaitu

 - 30 halaman : 4 minggu = 7,5 halaman dalam 1 minggu

   Kemudian hitung lagi target mingguan menjadi target setia hari:

 - 7,5 halaman : 7 hari = 1,07 halaman dalam 1 hari.

Dari perhitungan tersebut, dapatlah hasilnya yaitu Anda harus mengetik satu halaman lebih untuk dapat menyelesaikan 7,5 halaman dalam seminggu. Anda pun harus mengetik 30 halaman dalam sebulan untuk dapat menyelesaikan target seluruh novel Anda dalam 5 bulan.

2. Konsisten

Konsisten artinya dilakukan secara terus-menerus, tidak berupah-ubah, selaras, dan lurus. Konsistensi dalam belajar menulis novel akan mewujudkan kesuksesan. Konsisten itu seperti air menetes batu keras di goa yang lama-kelamaan akan melubangi batuan dibawahnya. Anda pun harus selaras dengan apa yang telah Anda rencanakan.

3. Yakin

Ketika Anda belajar menulis novel harus memiliki keyakinan. Apabila Anda yakin novel Anda akan selesai tepat waktu bahkan lebih cepat, maka keyakinan Anda itu akan menggerakkan jiwa dan raga Anda untuk segera menyelesaikannya. Anda akan mendapatkan dukungan dari apa saja yang ada disekitar Anda. Mungkin itu teman, keluarga, atau buku dan pena itu sendiri akan mendukung Anda. Oleh Karena itu, novel kesayangan Anda pun segera selesai sesuai target.