Seputarpendidikan003.blogspot.com

1/17/2015

Contoh Hukum I Newton

Dalam kehidupan sehari – hari banyak contoh hukum I Newton. Dapatkah kamu menyebutkan contoh aplikasi dari hukum I Newton ?
a. Percobaan Hukum 1 Newton
Siapkan selembar kertas HVS. Letakkan buku fisika pada kertas tersebut, tarik kertas HVS secara pelan – pelan. Apa yang akan terjadi pada buku fisikamu ? sekarang letakkan kembali buku fisikamu tarik kertas HVS dengan cepat. Apa yang terjadi dengan buku fisikamu ? apa yang dapat kamu simpulkan dari percobaan yang telah kamu lakukan ? percobaan sederhana yang barusan kamu lakukan berhubungan dengan hukum I Newton.

b. Teori Hukum 1 Newton

Hukum – hukum Newton berhubungan dengan gerak. Hukum Newton terinspirasi dari buah apel yang jatuh dari pohonnya. Newton berhasil menemukan tiga hukum tentang gerak, tetapi pada artikel ini hanya akan dibahas tentang hukum I Newton. Menurut Newton "benda yang diam akan tetap diam dan dan benda yang sedang bergerak lurus beraturan juga akan tetap bergerak lurus beraturan selama resultan gaya yang bekerja pada benda sama dengan nol". Pernyataan tersebut sebagai hukum I Newton. Dari pernyataan Newton dapat disimpulkan bahwa benda akan cenderung mempertahankan keadaan awal sebelum dikenai gaya. Oleh karena itu hukum I Newton juga disebut hukum Inersia atau hukum kelembaman. Hukum I Newton dapat dituliskan :
∑F = 0
Percobaan sederhana yag barusan kamu lakukan merupakan salah satu dari contoh hukum I Newton.
c. Contoh Hukum I Newton
1. Buku yang diletakkan di atas kertas HVS akan tetap diam ketika kertas ditarik dengan cepat maka buku akan tetap diam ditempatnya.
Hal ini karena buku yang awalnya diam kemudian tiba-tiba ditarik dengan cepat maka buku akan mengalami percepatan sesaat. Seperti yang telah dibahas pada materi gerak lurus percepatan sesaat buku nilainya sangat kecil atau mendekati nol. Oleh karena itu besar percepatan sesaat dapat diabaikan dan percepatan buku dianggap nol, sehingga buku akan tetap diam.

2. Badan akan terdorong ke depan ketika mobil di rem mendadak
Hal ini karena tubuh cenderung bergerak dengan kecepatan yang sama dengan kecepatan mobil sebelum direm. Sehingga ketika mobil direm tubuh akan terdotong kedepan. Oleh karena itu sebaiknya menggunakan sabuk pengaman agar kepala tidak terbantur setir mobil ketika mobil direm mendadak.

3. Pemain ice skating dapat meluncur tanpa mengeluarkan tenaga
Pemain ice skating meluncur tanpa mengeluarkan tenaga maka tidak ada gaya yang dikeluarkan oleh pemain ice skating tersebut. Pemain tetap dapat meluncur dengan kecepatan tetap karena lapangan ice skating sangat licin sehingga gaya gesek antara sepatu pemain ice sketing dan lapangan sangat kecil dan dapat diabaikan.
Demikianlah sekilas tentang contoh hukum I Newton, semoga bermanfaat.