Seputarpendidikan003.blogspot.com

1/30/2015

Definisi, Tujuan, Dan Karakter Membaca dengan Intensif

1. Definisi

Definisi membaca dengan intensif adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dalam membaca dengan cermat agar memahami bacaan atau teks dengan cepat dan tepat. Pengertian Kemampuan membaca dengan intensif yaitu kemampuan memahami secara detail isi bacaan secara lengkap, akurat, dan kritis pada suatu fakta, konsep, pendapat, gagasan, pengalaman, perasaan, dan pesannya. Saat membaca, beberapa pembaca biasanya membaca hanya satu atau hanya beberapa bacaan yang ada. Hal ini bertujuan agar menumbuhkan dan mengasah kemampuan dalam membaca dengan kritis. Membaca dengan model ini dilakukan apabila pembaca bermaksud untuk peneliti, pemahaman, penganalisiaan, memberikan kritikan atau pun kesimpulan pada isi bacaan tersebut. Membaca dengan intensif yang paling diutamakan bukan pada keterampilan yang dapat terlihat atau yang dapat menarik perhatiannya, tetapi pada hasil-hasilnya. Suatu pengertian dan suatu pemahaman mendalam dengan terperinci pada teks yang telah dibaca sebagai tujuan akhir.

Membaca dengan intensif diistilahkan dengan teknik dalam membaca untuk pembelajaran. Keterampilan untuk membaca intensif membuat para pembaca paham pada teks, bisa pada tingkat lateral, kritis, interpretatif, maupun evaluatif. Pada aspek kognitif, hal yang dapat dikembangkan dengan teknik membaca yang intensif itu adalah kemampuan untuk membaca dengan komprehensif.

Membaca yang komprehensif adalah proses dalam memahami paparan pada bacaan dan yang menghubungkan suatu gambaran makna pada bacaan berdasarkan skema pembaca untuk memahami informasi bacaan yang menyeluruh. Teknik kemampuan membaca secara intensif mencakup:

- Pemahaman inferensial, yaitu kegiatan membaca dengan tujuan mengambil kesimpulannya dalam suatu bacaan

- Pemahaman kritis, yaitu kegiatan dalam membaca yang dikerjakan secara bijaksan, evaluatif, dan mendalam, dengan tujuan menemukan keseluruhan dari bahan bacaan

- Pemahaman kreatif, yaitu kegiatan dalam membaca yang tidak sekedar menangkap dari makna tersurat dan makna antar barisnya, tetapi mampu secara kreatif menerapkan hasil dari membaca untuk dilaksanakan dalam aktivitas sehari-hari.

2. Tujuan Membaca dengan Intensif

Tujuan membaca yang intensif yaitu mengembangkan keterampilan Anda dalam membaca dengan cara yang detail. Dalam hal ini lebih menekankan pada pengertian kata, kalimat, maupun pengembangan kosakata serta pemahaman pada seluruh isi wacana.

3. Karakteristik Membaca dengan Intensif
Karakteristik membaca dengan intensif meliputi:

a. Membaca untuk meraih tingkat pemahaman yang tinggi dengan harapan dapat mengingatnya dalam waktu relatif lama.

b. Membaca dengan detail agar mendapat pemahaman seluruhnya yang meliputi isi dan bagian teks

c. Cara membaca ini sebagai dasar untuk belajar pemahaman yang lebih baik dan mengingatnya lebih lama.

d. Membaca intensif tidak memakai cara membaca tunggal tetapi dengan berbagai variasi teknik membaca yaitu scanning, membaca komprehensif, skimming, dan teknik lainnya.

e. Tujuan membaca intensif yaitu pengembangan keterampilan dalam membaca dengan detail yang menekankan pada pemahaman kata, pengembangan kosakata, kalimat, dan pemahaman seluruh dari isi wacana.

f. Kegiatan ini melatih siswa membaca kalimat pada teks secara cermat dan dengan penuh konsentrasi. Adanya kecermatan, sehingga menemukan kesalahan struktur, kosakata, serta penggunaan ejaan atau tanda baca.

g. Kegiatan ini juga dapat melatih siswa untuk berpikir lebih kritis, kreatif, dan inovatif.