Seputarpendidikan003.blogspot.com

1/04/2015

Tips Belajar Yang Sangat Baik Untuk Semua Kalangan

Kata belajar mempunyai arti yang luas. Belajar merupakan sebuah proses dimana seseorang yang awalnya tidak tahu, ada keinginan untuk tahu, dah akhirnya mengetahui hal yang diinginkan. Setiap orang dapat menentukan sendiri kapan saja waktu yang paling baik untuk belajar. Anda bisa memilih siang, sore, malam, atau pagi hari. Semua waktu itu baik, yang penting Anda dalam kondisi fit dan siap untuk konsentrasi sejenak.

Berikut beberapa tips belajar yang sangat baik untuk semua kalangan

1. Buatlah suasana super kondusif

Tips belajar yang sangat baik yaitu dengan suasana yang super kondusif. Hal ini dilakukan dengan menciptakan suasana yang nyaman, tenang, dan siap untuk belajar. Suasana yang ini akan memudahkan otak anda dalam mengingat materi yang dipelajari. Apabila bosan belajar di satu tempat, cobalah pindah ke tempat lain.

2. Lihatlah garis besarnya dahulu

Tips belajar yang sangat baik berikutnya yaitu coba lihatlah garis besarnya daluhu pada setiap materi. Apabila membaca materi yang baru, sebaiknya jangan langsung membaca materi secara rinci. Cobalah pahami secara sepintas garis besar tiap materinya, misalnya baca judulnya, daftar isinya atau ringkasan materinya terlebih dahulu. Apabila ada bacaan yang panjang, cobalah baca dahulu kalimat pertama pada setiap paragrafnya.

3. Buatlah catatan intisari dari setiap materi

Apabila Anda meringkas materi dengan membuat catatan kecil, maka sangat membantu Anda mengingatnya. Sebaiknya catatan tersebut ditulis pada buku kecil, kertas, atau lainnnya yang dapat dibawa kemana pun Anda pergi, sehingga Anda dapat membaca intisari dapa setiap materinya.

4. Berlatih menajamkan ingatan

Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengubahnya menjadi sebuah singkatan atau membuat kata kunci dengan harapan mudah diingatnya. Mungkin Anda tidak dapat menghafal langsung dalam waktu dekat, bisa sajaa dalam waktu satu minggu sudah lupa lagi. Apabila Anda menggunakan konsep ini, Anda bisa ingat singkatan untuk setiap materinya bisa sampai puluhan tahun.

5. Belajarlah dengan rutin dan tekun

Tips belajar yang sangat baik dan paling ampuh adalah dengan rutin dan tekun. Belajar dengan rutin dan tekun sangat berpengaruh pada peningkatan prestasi belajar Anda. Apabila Anda jarang belajar ataupun hanya belajar jika akan ada ujian pasti prestasinya tidak akan maksimal. Maka belajarlah dengan rutin dan tekun selam masih ada waktu untuk belajar. Janganlah belajar secara tergesa-gesa pada hari-hari terakhir sebelum ujian.

6. Belajar kelompok

Apabila bosan belajar sendirian, cobalah belajar kelompok bareng teman atau mitra Anda. Belajar kelompok merupakan kegiatan belajar yang lebih menyenangkan karena bisa tanya jawab. Belajar kelompok dengan orangyang lebih pandai sangat dianjurkan supaya bisa termotivasi dan dapat tumpahan ilmunya.

7. Jangan malu bertanya

Janganlah menunda rasa penasaran anda terhadap sebuah materi yang belum tahu. Jika di sekolah ya langsung tanyakan pada pakarnya, dalam hal ini ‘guru’, kalau di perusahaan tanyakan langsung pada atasan Anda.

Itulah beberapa tips belajar yang sangat baik untuk diikuti. Lakukan terus cara di atas agar dapat dimanfatkan untuk masa depan Anda untuk menjadi lebih baik. Beberapa tips tersebut dapat diaplikasikan untuk semua kalangan.