Seputarpendidikan003.blogspot.com

3/25/2015

Macam-Macam Gaya Renang

Macam-Macam Gaya Renang

Berenang sebenarnya tidak memerlukan gaya ataupun pakaian khusus berenang. Yang terpenting ketika anda berenang adalah melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam kolam. Berenang tanpa melakukan pemanasan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kram ketika berada di dalam air. Kram dapat menyebabkan cidera dan kematian. Sebelum berenang sebaiknya cari informasi kedalaman tempat anda berenang baik di kolam renang, sungai, maupun laut.

Gaya renang di bedakan menjadi empat jenis yaitu gaya bebas, gaya katak, gaya kupu-kupu dan gaya punggung.
Berikut uraian dari macam-macam gaya renang :
a. Gaya bebas
Gaya bebas merupakan gaya berenang yang membuat tubuh melaju lebih cepat. Pada saat berenang posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah tangan digerakkan jauh ke depan secara bergantian dengan gerakan mengayuh. kedua belah kaki dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah air secara bergantian. Posisi wajah ketika berenang menghadap ke permukaan air. Pengambilan nafas dilakukan dengan cara tubuh miring dan kepala menoleh ke samping ketika lengan digerakkan ke luar air.

b. Gaya katak atau gaya dada
 merupakan gaya berenang yang meniru gerakan katak ketika berada di dalam air. Renang gaya katak dilakukan dengan posisi dada menghadap permukaan air dan keadaan batang tubuh selalu tetap. Gaya katak dilakukan dengan teknik kedua belah kaki menendang ke arah luar sedangkan kedua tangan diluruskan ke depan. Kedua belah tangan dibuka ke arah samping seperti gerakan membelah air sehingga badan bergerak maju ke depan dengan cepat. Pengambilan nafas dilakukan pada saat mulut berada dipermukaan air. Gaya katak merupakan gaya renang yang paling populer.

c. Gaya kupu-kupu
Gaya kupu-kupu atau disebut juga gaya lumba-lumba merupakan gaya berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Renang gaya kupu-kupu dilakukan dengan teknik kedua belah lengan ditekan ke arah bawah secara bersamaan dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan. Kedua belah kaki menendang ke bawah secara bersamaan dan ke atas seperti gerakan lumba-lumba atau sirip ikan. Pernafasan dilakukan dengan menghembuskan udara dari mulut atau hidung sebelum kepala muncul di permukaan air dan menghirup udara melalui mulut pada saat kepala berada di atas air.

d. Gaya punggung
Gaya punggung merupakan gaya berenang dengan punggung menghadap permukaan air, sehingga perenang hanya dapat melihat atas dan tidak dapat melihat ke depan. Teknik renang gaya punggung sama dengan teknik renang gaya bebas tetapi posisi tubuh telentang di permukaan air. Kedua belah tangan digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh secara bergantian. Posisi wajah berada di atas air sehingga mudah untuk bernafas menggunakan hidung dan mulut.
Demikianlah sekilas tentang macam-macam gaya berenang, semoga bermanfaat.