Seputarpendidikan003.blogspot.com

3/26/2015

Pengertian Senam Lantai

Senam lantai merupakan salah satu cabang olahraga senam yang dilakukan di atas lantai atau lapangan dengan menggunakan matras. unsur-unsur gerakan senam lantai terdiri dari gerakan mengguling, meloncat, melompat, berputar di udara, menumpu dengan tangan, menumpu dengan kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau pada saat meloncat belakang maupun meloncat ke depan. Senam lantai disebut juga dengan latihan bebas karena pada saat melakukan senam lantai tidak menggunakan alat apapun. Gerakan pada senam lantai dimulai dari komposisi gerakan ringan, gerakan sedang, gerakan berat, dan gerakan akrobatik, yang mengandung gerakan ketangkasan, keluwesan, keseimbangan.

Gerakan senam lantai dilakukan dalam waktu 90 detik untuk pria dan 70 detik untuk wanita.

Macam-macam gerakan senam lantai meliputi : guling ke depan (forward roll), guling ke belakang (backward roll), lompat harimau (tiger sprong), lenting tangan (hands stand overslag), meroda, lompat jongkok, lenting tangan putar (round off), lenting tangan ke belakang (flik flak), keseimbangan lutut berguling (squat roll), lompat kangkang, berdiri dengan kepala (kopstand), kayang (brug), sikap lilin, salto ke depan (Summer vault), salto ke belakang (Back Summer vault ), guling lenting (roll kiep), lompat ikan (snuck).

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika melakukan senam lantai :
a. Gunakan matras dalam setiap melakukan senam lantai
b. Pastikan matras dan keadaan sekitar aman untuk melakukan senam lantai
c. Letakkan matras di atas lantai atau tanah yang rata dan jauh dari bahaya
d. Letakkan matras jauh dari dinding ataupun benda yang dapat menyebabkan benturan
e. Senam lantai dilakukan mulai dari gerakan ringan dan bertahap sampai pada gerakan yang sulit
f. Lakukan gerakan pemanasan sebelum melakukan gerakan senam lantai
g. Senam lantai dilakukan dengan pengawasan guru atau pelatih yang sudah ahli
h. Setelah melakukan kegiatan senam lantai simpan matras kembali ditempatnya.

Manfaat senam lantai

Senam lantai memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan bagi kesehatan mental sosial.
Manfaat fisik senam lantai :
a. Senam lantai merupakan kegiatan untuk mengembangkan kompoen fisik dan kemampuan gerak seseorang. Melalui kegiatan senam lantai peserta dapat mengembangkan daya tahan otot, kekutaan, kelincahan, kelentukan, keseimbangan, dan koordinasi.
b. Program senam lantai dapat menyumbang perbendaharaan dan pengayaan gerak pelakunya. Dasar-dasar gerakan senam lantai sangat baik untuk mengembangkan pelurusan tubuh, kesadaran tubuh, dan ketrampilan-ketrampilan gerakan senam.
Manfaat mental dan sosial senam lantai :
a. Kegiatan senam lantai menuntut pesertanya untuk berpikir dan mengembangkan ketrampilannya. Oleh karena itu peserta senam lantai harus mampu berpikir kreatif untuk memecahkan masalah tentang gerak. Dengan demikian mental peserta senam lantai juga akan berkembang.
Demikianlah sedikit informasi seputar pengertian senam lantai, semoga bermanfaat. Baca: Sejarah senam lantai