Seputarpendidikan003.blogspot.com

3/27/2015

Renang Gaya Katak

Renang gaya katak juga disebut dengan renang gaya dada atau Breast Stroke. Gerakan kaki pada renang gaya dada seperti gerakan kaki katak ketika berenang sehingga renang gaya dada juga disebut dengan renang gaya katak. Renang gaya katak merupakan gaya renang yang paling mudah dipelajari. Renang gaya katak sudah ada sejak jaman mesir kuno hal ini diketahui dari lukisan yang terdapat di Gua Perenang, dekat Wadi Sora, Mesir barat daya. Selain di Mesir peninggalan seputar renang gaya katak juga ditemukan di Babilonia dengan ditemukannya lukisan dinding dan lukissan relief yang dibuat oleh orang Assirya.

Lomba renang sudah ada di Eropa sejak tahun 1800. Pada tahun 1844 di adakan lomba renang di London dan sebagian besar pesertanya menggunakan renang gaya katak. Renang gaya katak mulai mengikuti perlombaan olimpiade pada tahun 1904 di st Louis

Teknik dasar renang gaya katak :

a. Posisi badan
Usahakan agar posisi badan sejajar dan sedatar mungkin dengan air. posisi kepala selalu normal sehingga pandangan lurus ke depan.

b. Gerakan kaki
Gerakan kaki menyerupai gerakan kaki katak ketika berada di dalam air. Kaki ditekuk dengan cara menekuk atau membengkokkan lutut kemudian tendang atau luruskan kaki dengan posisi kedua kaki terbuka yaitu kaki kiri dan kaki kanan saling berjauhan. Ketika posisi kaki masih lurus rapatkan kedua kaki hingga telapak kaki kanan dan telapak kaki kiri saling bersentuhan yang dapat menambah gaya dorong sehingga badan terdorong ke depan lebih cepat. Urutan gerakan kaki pada renang gaya katak ialah tekuk-tendang-rapatkan.

c. Gerakan tangan
Posisi awal renang gaya katak ialah kedua tangan lurus di atas kepala dengan kedua telapak tangan saling bertemu dan saling menempel, Kemudian tarik tangan ke samping kanan dan ke samping kiri selebar bahu dan selebihnya tarik ke arah bawah kemudian tangan kembali diluruskan. Urutan gerakan tangan ketika melakukan renang gaya katak yaitu luruskan tangan di atas kepala lalu gerakkan tangan ke samping kanan da ke samping kiri.

d. Pengambilan nafas
Pernafasan pada renang gaya katak dilakukan pada saat tangan berada disaming kanan dan samping kiri dengan cara kepala mendongak ke atas sehingga posisi mulut berada di atas permukaan air untuk mengambil udara. Udara diambil melalui mulut untuk mencegah masuknya air melalui hidung dan mempersingkat waktu pernafasan.

e. Gerakan koordinasi
Gerakan koordinasi renang gaya katak ialah perpaduan gerakan tangan dan kaki yang dilakukan secara bergantian dan teknik pengambilan nafas yang dilakukan dengan benar.
Demikianlah sekilas tentang renang gaya katak, semoga bermanfaat.