Seputarpendidikan003.blogspot.com

3/18/2015

Sistem Pencernaan pada Reptil

Bagaimana sisem pencernaan pada reptilia ? reptil merupakan hewan melata pemakan daging (karnivora), sistem pencernaan pada reptil tentu saja berbeda dengan vertebrata lainnya.


Alat-alat pencernaan pada reptil meliputi mulut, kerongkongan, lambung dan kloaka. Reptil juga mempunyai kelenjar pencernaan. Kelenjar pencernaan reptil terdidri dari kelenjar ludah, hati dan pankreas.

Salah satu contoh hewan reptil ialah buaya. Pada artikel ini akan diuraikan sistem pencernaan pada buaya.
Mekanisme pencernaan pada buaya sebagai berikut :
Makanan masuk ke dalam rongga mulut-kerongkongan-lambung-usus-kloaka.

Rongga mulut pada buaya dapat terbuka lebar yang berfungsi untuk mengunyah dan mempertahankan mangsanya. Pada rongga mulut buaya terdapa beberapa alat pencernaan yaitu gigi dan lidah. Gigi buaya mengalami50 kali pergantian. Gigi pada buaya berguna untuk menangkap dan mengunyah mangsa. Pada rongga mulut buaya terdapat lidah yang berbentuk pipih dan melekat pada tulang lidah. Lidah pada buaya bercabang dua (bipida). Pada bagian belakang lidah buaya terdapat satu lipatan transversal sehingga ketika berada di dalam air dan mulutnya terbuka air tidak akan masuk ke dalam paru-paru buaya. Lidah buaya berukuran kecil sehingga tidak dapat dijulurkan seperti lidah reptil pemakan serangga.

Kerongkongan atau esofagus merupakan saluran yang menghubungkan rongga mulut dan lambung pada buaya. Pada kerongkongan makanan hanya numpang lewat dan tidak terjadi proses pencernaan.

Lambung buaya dan reptilia lainnya secara umum terdiri dari fundus dan piloris. Fundus merupakan bagian yang agak bulat sedangkan piloris merupakan bagian yang kecil. Lambung pada reptil juga berguna untuk menampung makanan dan terletak di belakang kerongkongan. Di dalam lambung terjadi pencernaan mekanik dengan bantuan otot lambung dan pencernaan kimiawi.

Pada usus buaya bermuara dua saluran yaitu saluran dari pankreas dan hati. Di dalam usus terjadi proses pencernaan makanan secara kimiawi dengan bantuan enzim pencernaan yang dihasilkanoleh hati dan pankreas. usus pada buaya terdiri dari usus halus dan usus tebal. Di dalam usus halus terjadi proses penyerapan sari-sari makanan yang selanjutnya di edarkan ke seluruh tubuh oleh darah. Usus juga mempunyai saluran yang bermuara pada kloaka. Kloaka berguna untuk mengeluarkan sisa sari-sari makanan yang tidak diserap oleh tubuh.

Kelenjar pencernaan pada buaya terdiri dari :
a. Kelenjar ludah
Kelenjar ludah terletak pada rongga mulut. Kelenjar ludah menghasilkan lendir yang berguna untuk mempermudah menelan mangsa.
b. Hati
Hati pada reptil berwarna merah kecoklatan. Hati menghasilkan cairan empedu yang ditampung di dalam kantong empedu. Kantong empedu terletak pada bagian hati sebelah kanan.
c. Pankreas
Pankreas pada reptil terletak diantara usus dan lambung. Pankreas reptil berwarna kekuning kuningan dan berbentuk pipih.
Demikianlah sekilas tentang sistem pencernaan pada reptil, semoga bermanfaat.