Seputarpendidikan003.blogspot.com

3/02/2015

Suhu dan Kalor

Pengertian Suhu
Masih ingatkah dengan besaran-besaran pokok ? iya, suhu merupakan salah satu dari tujuh besaran pokok. Dalam fisika suhu atau temperatur di definisikan sebagai suatu besaran fisis yang menyatakan panas dinginnya suatu benda. Suhu dapat diukur dengan menggunakan termometer. Satuan suhu bermacam macam ada celsius, kelvin, reamur, fahrenheit.satuan suhu dalam sistem SI adalah kelvin.

Alat ukur suhu
Seperti yang sudah disebutkan di atas suhu dapat diukur menggunakan termometer. Termometer pertama kali dibuat oleh seorang ilmuwan dari Italia yang bernama Galileo Galilei. Pembuatan termometer menggunakan prinsip perubahan volume. Termometer menggunakan air raksa atau alkohol, karena warnanya mengkilat sehingga mudah dibaca dan tidak membasahi dinding termometer.

Ada beberapa jenis termometer yaitu :
1. Termometer Laboratorium
Termometer laboratorium digunakan untuk mengukur suhu air yang sedang dipanaskan maupun didinginkan. Termometer leboratorium menggunakan raksa. Termometer laboratorium banyak dijumpai di laboratoium. Skala termometer laboratorium 0⁰C sampai 100⁰C
2. Termometer Ruang
Termometer ruang digunakan untuk mengukur suhu di dalam ruangan. Skala termometer ruang -50⁰C sampai 50⁰C
3. Termometer Klinis
Termometer klinis digunakan untuk mengukur suhu badan. Penggunaan termometer ini biasanya dijepit diketiak atau siku. Termometer klinis menggunakan air raksa.
4. Termometer Six-Bellani
Thermometer Six-bellani digunakan untuk mengukur suhu tertinggi dan suhu terendah dalam selang waktu tertentu. Termometer ini juga disebut termometer maxsimum minimum.

Skala pada temometer :
1. Termometer skala Celsius
Titik didih air pada termometer ini 100°C sedangkan titik bekunya 0°C.
2. Temometer skala Reamur
Titik didih air pada termometer ini 80°R sedangkan titik bekunya 0°R
3. Termometer skala Fahrenheit
Titik didih air pada termometer ini 212°F sedangkan titik bekunya 32°F.
4. Termometer skala Kelvin
Titik didih air pada termometer ini 373,15 K sedangkan titik bekunya 273,15 K
Perbandingan skala suhu celsius : reamur : fahrenheit = 5 : 4 : 9
termometer dan skalanya
Pengertian kalor
Kalor atau panas dalam fisika didefinisikan sebagai energi yang mengalir dari benda bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Satuan kalor dalam SI adalah Joule. Satuan kalor lainnya adalah kalori.
1 kalori = 4.2 joule dan 1 joule = 0.24 kalori.

Pengaruh kalor terhadap benda.
Kalor yang mengalir pada suatu benda akan memberikan beberapa pengaruh. Berikut pengaruh kalor terhadap benda :
a. Pengaruh kalor terhadap suhu benda
Kalor yang diterima atau dilepaskan oleh suatu benda akan menyebabkan suhu benda berubah. Benda yang melepas kalor suhunya akan berkurang sedangkan benda yang menerima kalor suhunya akan meningkat.
b. Pengaruh kalor terhadap wujud benda
Selain menyebabkan perubahan suhu terhadap suatu benda yang melepas ataupun menerimanya, kalor juga menyebabkan benda berubah wujud. Masih ingatkah apa saja perubahan wujud benda ? ada 6 perubahan wjud dalam fisika yaitu melebur atau mencair, membeku, menguap, mengembun, mengkristal dan menyublim.

Demikianlah sekilas tentang suhu dan kalor, semoga bermanfaat.