Seputarpendidikan003.blogspot.com

4/29/2015

Akar Pada Tumbuhan Monokotil

Tumbuhan memiliki organ organ yang terdapat didalam nya salah satu nya adalah akar. Akar tumbuhan adalah bagian pangkal yang terdapat pada tumbuhan, akar biasanya terdapat didalam tanah, akar pada tumbuhan bisa tumbuh sehingga dapat membesar, karena akar adalah bagian tumbuhan yang akan menopang seluruh bagian tumbuhan yang lainnya. Bicara masalah akar pada tumbuhan, hampir semua jebis tumbuhan memiliki akar, begitu juga dengan tumbuhan monokotil, akar tumbuhan monokotil juga memiliki fungsi seperti pada akar akar yang terdapat pada tumbuhan jenis yang lainnya.

Akar pada tumbuhan

Sebelum berbicara tentang akar pada tumbuhan, hal utama yang harus diketahui adalah pengertian dari akar itu sendiri. Apakah anda sudah tahu apa itu akar? Jika anda belum tahu, simaklah artikel berikut. Akar adalah salah satu bagian dari tubuh tumbuhan yang berada dibagian paing bawah atau yang terdapat dipangkal pohon. Akar biasanya berada di dalam tanah, namun ada juga akar tumbuhan yang berada diluar tanah. Akar akar yang terdapat pada pohon akan tumbuh dan membesar seiring dengan berkembangnya pohon tersebut.

Ada beberapa tumbuhan yang memiliki akar yang berada diluar permukaan tanah, akar akar yang erada diluar tanah biasanya berfungsi untuk mengatur persediaan oksigen yang dimiliki oleh tumbuhan tersebut. Nama lain dari akar itu sendiri adalah radix, radix adalah sebutan ilmiah bagi akar.

Akar merupakan salah satu bagian yang ada pada tumbuhan yang mempunyai pembuluh. Didalam ujung akar tersedia organ meristem yang akan membelah diri dan juga akan selalu berkembang guna melindungi tubuh tumbuhan. Didalam meristem tersebut terdapat tudung akar, tudung akar yang ada didalam meristem terdiri atas sel sel parenkim.

Akar pada tumbuhan memiliki ciri ciri tersendiri. Ciri ciri akar pada tumbuhan adalah sebagai berikut :
  • Akar adalah bagian dari tumbuhan yang umumnya terdapat didalam tanah
  • Bentuk akar tidak menyerupai batang dan juga akar tidak memiliki warna yang sama dengan daun. Warna akar adalah kuning keputih putihan atau sering dikenal dengan sebutan putih tulang
  • Akar mengalami pertumbuhan di ujung akar 
  • Ujung akar memiliki bentuk yang runcing dan bermanfaat untuk menembus ke tanah

Akar tumbuhan monokotil

Tumbuhan monokotil adalah tumbuhan biji yang berkeping tunggal. Tumbuhan monokotil merupakan salah satu dari dua kelompok tumbuhan besar berbunga. Berikut adalah struktur dari jaringan yang menyusun akar tumbuhan monokotil :  
  • Korteks, epidermis, perisikel yang memiliki struktur, fungsi dan juga lokasi yang sama seperti pada akar yang dimiliki oleh tumbuhan dikotil
  • Xylem dan floem pada tumbuhan monokotil memiliki fungsi yang sama dengan tumbuhan dikotil, namun pada tumbuhan monokotil tempatnya berdekatan 
  • Empulur pada tumbuhan monokotil berada di tengah dan dikelilingi oleh floem dan xylem