Seputarpendidikan003.blogspot.com

4/28/2015

Jaringan Epidermis Pada Tumbuhan

Jika berbicara masalah tumbuhan, pasti didalamnya menyangkut tentang jaringan epidermis tumbuhan, sebab didalam jaringan tumbuhan salah satunya adalah jaringan epidermis.apakah anda sedang mencari ilmu mengenai jaringan epidermis yang terdapat pada tumbuhan? Jika memang anda sedang mencari tentang informasi tersebut, maka anda sudah berada pada blog yang sangat tepat. Disini akan diulas tentang jaringan tumbuhan dan juga tentang jaringan epidermis pada tumbuhan. Yuk, sama sama kita pelajari bersama apa sih yang dimaksud dengan jaringan epidermis dan apa saja jaringan yang terdapat pada tumbuhan.

Jaringan tumbuhan

Sebelum kita membahas tentang jaringan epidermis pada tumbuhan, sebaiknya anda pelajari tentang pengertian jaringan pada tumbuhan terlebih dahulu. Apa itu jaringan tumbuhan? Jaringan adalah sekelompok sel yang mempunyai fungsi, struktur dan asal yang sama. Jaringan pada tumbuhan dipelajari secara khusus pada ilmu histologi.

Jika ditinjau secara lebih sempit, disebut jaringan tumbuhan apabila semua sel berkumpul menjadi satu pada tumbuhan. Pengertian jaringan sering disebut dengan sekumpulan sel yang tiap tiap selnya katif pada proses kehidupannya, yaitu aktif pada proses fotosíntesis, aktif pada proses metabolisme, aktif dalam berkembang secara baik, dan aktif juga dalam pengambilan zat makanan,.

Jaringan epidermis pada tumbuhan

Setelah dibahas tentang pengertian jaringan pada tumbuhan, sekarang kit aulas mengenai jaringan epidermis tumbuhan. Apakah yang disebut degan jaringan epidermis pada tumbuhan? Jaringan epidermis adalah jaringan yang terdapat pada bagian paling luar yang menutupi bagian permukaan organ didalam tumbuhan. Jaringan epidermis terdapat pada bagian buah, daun, akar, batang, dan juga terdapat pada buah dan juga biji dari tumbuhan.

Fungsi dari jaringan epidermis adalah untuk melindungi jaringan sel yang terdapat didalam organ tumbuhan bagian dalam. Fungsi jaringan epidermis berbeda beda terhadap jenis organ tergantung pada bentuk, susunan dan ukuran jaringan tersebut. Jaringan epidermis terdapat pada bagian paling luar dalam organ tumbuhan seperti daun, akar, batang, bunga, biji, dan juga pada buah. Jaringan epidermis tersusun dari satu lapisan organ sel saja. Bentuk bentuk jaringan epidermis sangat beragam bentuknya seperti melekuk lekuk, memanjang, isodiametris. Jaringan epidermis tersusun secara rapat dan terdapat dalam rangan antar sel.

Jaringan epidermis disebut sebagai sel hidup karena didalam jaringan epidermis mengandung zat protoplas,meskipun hanya dalam jumlah yang sedikit saja.didalam jaringan epidermis terdapat ciri ciri yang sangat khas, ciri dari jaringan epidermis adalah hanya memiliki satu jumlah sel, sel yang terdapat didalam jaringan epidermis saling merapat satu sama lain guna membentuk bangunan yang padat tanpa adanya ruangan antar sel. Dinding sel yang terdapat didalam jaringan epidermis bentuknya sangat tipis, namun ada juga yang tebal dan menghadap pada permukaan tubuh.