Seputarpendidikan003.blogspot.com

4/25/2015

Macam Macam Penyakit Pada Tumbuhan

Di Indonesia ada banyak sekali macam macam penyakit pada tumbuhan yang bisa menyerang kapan saja dan dimana saja. Penyakit penyakit yang menyerang tumbuhan tersebut bisa mengakibatkan terjadinya kerugian hasil panen. Banyak sekali para petani yang mengalami banyak sekali kerugian yang disebabkan karena tumbuhan tumbuhannya diserang oleh penyakit. Sebenarnya penyakit penyakit yang banyak menyerang tumbuhan itu bisa diatasi dengan menggunakan pupuk atau obat penyakit yang lainnya.

Pada dasarnya tumbuhan tumbuhan yang terserang oleh penyakit dapat dilihat gejala gejalanya dengan lebih awal. Dengan kita mengetahui gejala penyakit yang terjadi pada tumbuhan itu, bisa memudahkan kita untuk mengantisipasi kerugian yang akan terjadi. Gejala yang sering kali diperlihatkan pada tumbuhan yang terserang suatu penyakit biasanya muncul pada bagian daun, akar, kulit batang, batang, dan lain lain. Tumbuhan yang terserang penyakit biasanya member signal dengan perubahan warna daun yang sedikit mencolok, misalnya daun berubah menjadi kekuning kuningan, jika hal seperti ini tidak cepat diatasi maka lambat laun tumbuhan tersebut bisa mati.

Penyakit pada tumbuhan

Tumbuhan adalah salah satu jenis makhluk hidup yang memiliki peran sangat penting bagi kehidupan manusia pada khususnya. Tumbuhan sangat berfungsi bagi kelangsungan hidup manusia, sebab hasil dari tumbuhan dapat dijadikan sebagai bahan makanan dimana makanan merupakan salah satu sumber energy bagi manusia. Jadi bisa dibayangkan, betapa pentingnya tumbuhan bagi manusia. Bagaimana jika ada penyakit pada tumbuhan anda ? bisa bisa anda tidak menghasilkan bahan makanan untuk dimakan oleh anda dan keluarga.

Mengingat fungsi tumbuhan sangat penting, maka dari itu manusia harus bisa menghimbau dan menjaga semua tumbuhannya agar tidak terserang oleh penyakit. Penyakit pada tumbuhan bisa menyerang kapan saja dan dimana saja, oleh sebab itu harus selalu siap siaga untuk menjaga tumbuhannya agar tetap sehat dan dapat menghasilkan bahan pangan yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk mendapatkan energy.

Penyakit pada tumbuhan adalah gangguan yang terjadi atau yang menyerang tanaman yang disebabkan oleh adanya mikroorganisme yang meliputi bakteri, virus, jamur, protozoa, cacing, tikus, dan lain lain. Semua penyakit pada tumbuhan dapat diantisipasi dengan menggunakan berbagai macam pupuk dan jenis obat obatan yang lainnya.

Macam macam penyakit tumbuhan

Penyakit tumbuhan merupakan mikroorganisme yang menyerang tumbuhan dan mengakibatkan tumbuhan menjadi tidak berkembang dan tidak dapat berbuah seperti tumbuhan yang sehat pada umumnya. Didalam bertani memang tidak pernah luput dari yang namanya penyakit tumbuhan, dari mulai menanam benih sampai menuai buah jika tidak diperhatikan dengan baik baik, bisa saja tumbuhan itu diserang oleh berbagai macam penyakit. Berikut adalah macam macam penyakit tumbuhan yang sering kali dijumpai oleh para petani :
  • Penyakit citrus vein phloem degeration. Penyakit ini sering disebut dengan penyakit CVPD. Jenis penyakit ini banyak menyerang pembuluh tapis pada tanaman jeruk, sehingga menyebabkan daun jeruk menjadi berwana kuning dan ukurannnya menjadi lebih kecil lama lama tumbuhan jeruk akan mengalami kematian
  • Penyakit mosaic. Jenis penyakit ini sering menyerang tumbuhan tembakau, penyakit ini disebabkan karena adanya virus TMV yang membuat daun tembakau menjadi kuning 
  • Penyakit ustilago. Jenis penyakit ini adalah penyakit yang banyak disebabkan karena adanya jamur. Ada beberapa jamur yang bisa menyerang berbagai tanaman seperti, jamur mavdis yang banyak menyerang tumbuhan jagung