Seputarpendidikan003.blogspot.com

4/09/2015

Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran. Sebelum kita berbicara tentang manajemen pemasaran, kita bahas dulu tentang konsep pemasaran. Konsep pemasaran meliputi beberapa hal yaitu keinginan, kebutuhan, permintaan, produksi, transaksi, utilitas, kepuasan, pemasaran. Konsep pemasaran adalah suatu kegiatan perencanaan dalam pemasaran guna mencapai sebuah tujuan dari suatu perusahaan yaitu adanya kepuasaan dari konsumen atau pelanggan. Semua aktifitas yang terdapat didalam konsep pemasaran harus diarahkan agar bisa mencapai sebuah tujuan yang ditetapkan perusahaan. Didalam kegiatan pemasaran terdiri atas beberapa konsep didalamnya. Konsep pemasaran tersebut adalah product, price, placement, dan promotion.

Sebenarnya setiap manusia yang hidup sangat perlu untuk mengetahui tentang manajemen pemasaran, apalagi untuk orang yang bekecimpung didalam dunia bisnis untuk mengetahui tentang manajemen pemasaran itu sangat wajib. Karena dengan menamahami tentang manajemen pemasaran orang tersebut akan tahu tentang bagaimana cara memasarkan produknya, bagaimana cara melakukan sebuah riset supaya produk nya banyak diminati oleh konsumen. Bagi perusahaan yang berjalan di bidang bagian produksi dan juga jasa tidak akan bisa lepas dari berbagai kegiatan dan salah satu dari kegiatan itu adalah kegiatan pemasaran produk.

Setelah anda tahu apa itu konsep pemasaran, sekarang kita bahas tentang manajemen pemasaran. Pada dasarnya manajemen pemasaran berasal dari dua kosa kata yaitu kata manajemen dan kata pemasaran. Kotler berpendapat bahwa pemasaran adalah analis, implementasi, perencanaan dan juga pengendalian dari beberapa program yang telah dirancang guna menciptakan, memelihara dan juga membangun pertukaran yang bisa menguntungkan dengan cara membeli sasaran guna mencapai sebuah tujuan dari perusahaan. Manajemen adalah suatu proses, organisai, pergerakan, dan juga pengawasan. Jadi manajemen pemasaran adalah analisis perencanaan penerapan dan juga pengendalian dari beberapa program yang telah dirancang guna membangun, menciptakan , dan juga mempertahankan pertukaran yang bisa menghasilkan keuntungan untuk mencapai sebuah tujuan perusahaan.

Ada beberapa pendapat tentang manajemen pemasaran diantaranya adalah:
Philip Kotler menjelaskan bahwa manajemen pemasaran adalah sebuah analisis, perencanaan kemudian pelaksanaan dan juga pengendalian atas beberapa program yang telah dirancang guna menciptakan sekaligus membangun dan juga mempertahankan pertukaran yang bisa menguntungkan dengan cara membeli sebuah sasaran dengan maksud dan tujuan guna mencapai sebuah sasaran perusahaan.
Menurut Winardi manajemen pemasaran adalah sebuah proses didalam pengambilan suatu keputusan, suatu perencanaan, dan juga suatu pengawasan terhadap aspek aspek dari pemasaran suatu perusahaan yang memiliki hubungan dengan konsep pemasaran dalam system yang terjadi pada pemasaran. Sedangkan menurut Willian J.Stanton manajemen pemasaran adalah proses penganilisasian, perencanaan dan juga pelaksanaan sekaligus pengawasan dari program program yang ditujukan guna mengadakan sebuah pertukaran pada pasar yang akan dituju, dengan mengandung maksud guna mencapai sebuah tujuan perusahaan.
Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen pemasaran adalah suatu proses manajemen yang terdiri dari analisis, rencana, pelaksanaan dan juga pengawasan suatu kegiatan didalam proses pemasaran yang dilakukan oleh suatu perusahaan.