Seputarpendidikan003.blogspot.com

4/11/2015

Manajemen pendidikan

Manajemen pendidikan. Manajemen pendidikan dianggap sebagi suatu ilmu yang memiliki usia masih relative musa sehingga tidak aneh jika banyak orang yang belum mengetahui hal itu. Pada zaman dahulu istilahnya adalah administrasi pendidikan. Menurut kamus belanda manajemen berasal dari sebuah kata administratie yang memiliki arti tata atau usaha. Atau sering difahami jika pengertian manajemen itu tertuju pada kegiatan administrasi yang berhubungan dengan kegiatan tulis menulis yang dilakukan didalam suatu kantor. Sedangkan menurut bahasa inggris manajemen pendidikan berasal dari sebuah kata administration yaitu manajemen yang tidak hanya terpaku pada kegiatan tulis menulis akan tetapi juga menyangkut kedalam suatu pengaturan yang memiliki arti yang luas.

Pada saat sekarang istilah yang sering dipakai untuk menunjukan pekerjaan pelayanan suatu kegiatan adalah manajemen, pengaturan, pengelolaan, dan lain- lain. Sedangkan manajemen itu sendiri adalah sebuah rangkaian dari semua kegiatan yang menunjuk pada sebuah usaha atau kerjasama antara beberapa orang guna mencapai sebuah tujuan yang sudah ditentukan. Ada beberapa pendapat dari beberapa ahli tentang pengertian manajemen pendidikan. Menurut The Liang Gie, manajemen merupakan suatu proses penyelenggara yang ada didalam setiap kegiatan usaha kerjasama yang dilakukan oleh sekelompok orang guna mencapai sebuah tujuan. Sedangkan menurut Leonard D White, manajemen merupakan suatu proses yang sering ada dalam seluruh kelompok baik itu pada usaha Negara, swasta, pemerintahan, militer ataupun dalam sipil baik secara kecil- kecil ataupun secara besar- besaran.

Pengertian lain dari manajemen pendidikan adalah suatu rangkaian atau usaha yang berupa sebuah proses pengolahan suatu usaha kerjama yang dilakukan oleh sekelompok orang yang disatukan oleh suatu organisasi pendidikan, guna mencapai sebuah tujuan pendidikan yang sudah ditetapkan pada masa sebelumnya supaya kegiatan pendidikan bisa berjalan secara efisien dan juga bisa lebih efektif. Didalam manajemen pendidikan terdapat tiga unsure yang sangat penting yaitu, unsure usaha atau kerjasama, unsure sekelompok manusia, dan juga unsure tujuan yang akan dicapai. Ketiga unsure tersebut bisa dikatakan sebagai gerakan, manusia, dan juga arah dari suatu kegiatan.

Manajemen pendidikan adalah suatu rangkaian dari segala macam kegiatan yang mengarah pada suatu usaha atau kerjasama dari dua orang atau bahkan lebih guna mencapai sebuah tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Setelah diterapkan definisi seperti itu dalam sebuah usaha pada pendidikan yang terjadi didalam suatu organisasi, maka dapat disimpulkan tentang pengertian manajemen pendidikan yang lebih lengkap lagi. Pengertian manajemen pendidikan secara lebih lengkapnya adalah suatu rangkaian atau kegiatan yang berbentuk sebagai suatu proses didalam pengelolaan sebuah usaha kerjasama dari sekelompok orang yang tergabung didalam sebuah organisasi dalam pendidikan guna mencapai sebuah tujuan yang sudah dibuat.