Seputarpendidikan003.blogspot.com

4/12/2015

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia merupakan suatu ilmu bagaimana cara mengatur hubungan dan juga peranan dari sumber daya atau tenaga kerja yang dimiliki oleh setiap individu secara efektif dan efisien sehingga dapat dipakai secara maksimal dan bisa mencapai tujuan bersama antara karyawan, perusahaan, dan masyarakat. Manajemen sumber daya manusia dilandasi oleh suatu konsep bahwa karyawan itu adalah manusia bukan sebuah mesin dan bukan pula satu-satunya alat yang menjadi sumber daya bisnis. Ilmu dari manajemen sumber daya manusia merupakan gabungan dari beberapa bidang ilmu pengetahuan seperti ilmu sosiologi, ilmu psikologi, dan ilmu yang lainnya. Unsure yang terkandung didalam manajemen sumber daya manusia adalah manusia itu sendiri. Manajemen sumber daya manusia menyangkut sebuah desain dan juga implementasi dari system perencanaan penyusunan karyawan, pengembangan para karyawan, pengelolaan karir, evaluasi system kerja, kompensasi untuk karyawan dan juga hubungan kerja yang baik.

Manajemen sumber daya manusia adalah bagian yang paling intergral pada setiap perusahaan dan juga pada setiap organisasi, hal ini bisa anda temui dalam kehidupan sehari-hari. Di sisi lain, istilah manajemen sumber daya manusia menunjuk pada suatu departemen yang menaungi system kerja hubungan antara pekerja didalam perusahaan atau didalam sebuah organisasi. Jadi pada intinya departemen manajemen sumber daya manusia ini terlibat pada semua kegiatan yang berkaitan langsung dengan kesejahteraan karyawan, dalam hal ini menyangkut pendidikan karyawan, pencarian tenaga kerja, dan juga analisis kepada kebijakan yang dibuat oleh perusahaan untuk karyawan. Secara definisi dapat dikatakan bahwa manajemen sumber daya manusia merupakan sebuah ikatan yang berhubungan langsung dengan sebuah fungsi organisasi yang telah mengatur bermacam-macam topic, misalnya manajemen tenaga kerja, kesehatan bagi para karyawan, adanya kompensasi bagi karyawan, gaji karyawan, perkembangan organisasi, keamanan karyawan, pelatihan kerja, administrasi para karyawan, dan juga komunikasi para karyawan.

Ada beberapa tanggung jawab yang melekat pada bidang manajemen sumber daya manusia seperti, manajemen penilaian kinerja tenaga kerja, desain organisasi, pengaturan staf kerja, pengaturan system kepatuhan, penghargaan, dan juga asas manfaat, pengembangan organisasi, pengembangan karyawan. Manajemen sumber daya manusia mempunyai fungsi, peran, dan tugas sebagai berikut :
· Melakukan persiapan seleksi pencarian tenaga kerja atau sering disebut dengan preparation selection
· Pengembangan karyawan dan juga evaluasi kerja karyawan atau development evaluation
· Memberikan kompensasi pada karyawan dan proteksi atau compersation protection

Selain memiliki peran, tugas, fungsi dan tanggung jawab, manajemen sumber daya manusia juga memiliki model. Manajemen sumber daya manusia memiliki beberapa model yang bisa di pelajari untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi. Model-model tersebut adalah :
· Model klerikal, fungsi dari model ini untuk memelihara semua data, laporan, catatan dan melaksanakan tugas secara rutin.
· Model hukum, operasi sumber daya manusia mendapatkan kekuatan dari keahlian dibudang hokum.
· Model financial, jenis model ini selalu berkembang dari masa ke masa, hal ini disebabkan karena banyaknya para manajer yang semakin sadar akan besarnya pengaruh dari sumber daya manusia yang di dalamnya meliputi asuransi kesehatan, asuransi jiwa, pensiun, dan lain-lain.