Seputarpendidikan003.blogspot.com

4/07/2015

Manfaaat Senam Ritmik

Apa saja manfaat senam ritmik bagi tubuh ? senam ritmik atau yang dikenal juga sebagai senam irama adalah salahsatu cabang olahraga senam yang menggunakan irama musik sebagai pengiring setiap gerakan senam. Setiap gerakan senam ritmik akan menghasilkan suatu rangkaian gerakan indah sesuai dengan irama musik pengiringnya. Senam ritmik dapat dilakukan tanpa menggunakan alat dan dapat juga dilakukan dengan menggunakan alat. Alat yang biasa digunakan dalam senam ritmik seperti gada, pita, bola, topi, dan tongkat.

Setiap olahraga tentu memberikan manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh, begitu juga dengan senam ritmik.

Beberapa manfaat senam ritmik bagi tubuh :
a. Membakar timbunan lemak yang ada di dalam tubuh
b. Meningkatkan kerja jantung
c. Melenturkan dan menguatkan otot-otot tubuh
d. Memperbaiki bentuk otot lengan, otot paha, otot perut dan otot dada
e. Mengkoordinasikan posisi otot yang tidak tepat pada posisi semestinya
f. Memberikan keseimbangan bagi organ-organ tubuh
g. Membuat tubuh menjadi lebih bugar
h. Menjaga kesehatan dan stamina tubuh
i. Menyehatkan mental

Senam ritmik tidak hanya memberikan manfaat bagi tubuh, senam ritmik juga memberikan manfaat sosial bagi pesertanya. Senam ritmik dilakukan secara tim atau berkelompok sehingga akan menumbuhkan rasa sosialisasi di dalam anggota tim untuk menjalin hubungan yang lebih akrab lagi. Rangkaian gerakan senam ritmik yang berlangsung secara teratur dan tepat ternyata juga dapat meningkatkan kreativitas otak.

Senam ritmik terdiri dari beberapa tahapan gerakan, yaitu gerakan pemanasan, gerakan inti dan gerakan pendinginan. Masing-masing tahapan gerakan dalam senam ritmik tentu saja memberikan manfaat yang berbeda.

Manfaat tahapan gerakan dalam senam ritmik :

a. Gerakan pemanasan
Gerakan pemanasan terdiri dari beberapa gerakan seperti menggelengkan kepala ke arah kiri dan arah kanan dan juga gerakan jalan ditempat. Gerakan pemanasan dalam senam ritmik bermanfaat untuk mempersiapkan kondsi tubuh baik secara fisiologis maupun secara psikologis agar dapat melaksanakan gerakan selanjutnya dengan baik, manghilangkan kaku pada persendian dan otot-otot tubuh, dan meningkatkan suhu tubuh.

b. Gerakan inti
Gerakan inti di dalam senam ritmik terdiri dari beberapa gerakan seperti melompat, memutar badan dll. Gerakan inti dalam senam ritmik bermanfaat untuk melatih kekuatan otot dan kekuatan tubuh, melatih kelentukan dan kelenturan tubuh, melatih kelincahan tubuh, dan mengkoordinasika gerakan otot-otot tubuh dan persendian.

c. Gerakan pendinginan
Gerakan pendinginan di dalam senam ritmik terdiri dari beberapa gerakan seperti mengangkat dan menurunkan kedua tangan secara perlahan-lahan. Gerakan pendinginan di dalam senam ritmik bermanfaat untuk melenturkan otot-otot tubuh, mengatur pernafasan, dan menenangkan atau mendinginkan kondisi tubuh.
Demikianlah beberapa manfaat senam ritmik, semoga bermanfaat.