Seputarpendidikan003.blogspot.com

4/27/2015

Manfaat Dan Fungsi Air Bagi Tumbuhan

Air adalah sumber kehidupan bagi makhluk hidup, baik untuk kehidupan manusia, binatang maupun tumbuhan. Manfaat air bagi kehidupan sangatlah banyak, bisa dikatakan air adalah kebutuhan utama setiap makhluk yang hidup didunia. Pada artikel kali ini akan saya ulas tentang manfaat air bagi tumbuhan dan juga fungsi air bagi tumbuhan. Apakah anda sudah tahu apa saja manfaat dan fungsi air bagi tumbuhan? Jika anda belum tahu dan ingin mengetahui informasi tersebut, simaklah artikel berikut.

Manfaat air bagi tumbuhan

Air adalah salah satu zat terpenting bagi kehidupan, baik itu manusia, hewan, maupun tumbuhan. Tanpa air kehidupan tidak akan bertahan lama, karena air sangat menunjang pada kehidupan makhluk hidup yang ada didunia. Karena hampir sepertiga kandungan yang terdapat dalam tubuh manusia adalah air, begitu juga pada tumbuhan, tumbuhan membutuhkan air untuk proses fotosintesis. Bisa anda bayangkan bagaimana jika didunia ini tidak ada air? Jika hal itu terjadi sudah bisa dipastikan jika kehidupan di dunia akan mengalami kemusnahan.

Air sangat bermanfaat untuk semua makhluk hidup yang ada didunia, begitu juga untuk tumbuhan. Manfaat air bagi tumbuhan adalah untuk membantu proses fotosintesis yang terjadi didalam daun, air merupakan komponen yang paling utama pada proses fotosintesis tersebut. Pada proses fotosintesis air dibawa oleh akar untuk menuju ke pada batang agar disampaikan pada daun. Oleh sebab itu, air dikatakan sebagai sumber kehidupan manusia.

Fungsi air bagi tumbuhan

Air merupakan satu komponen yang sangat penting dan juga sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan hewan. Manfaat dan fungsi air bagi tumbuhan sangatlah banyak, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Air sebagi salah satu senyawa dalam pembentukan protoplasma
  • Sebagai pelarut untuk proses masuknya mineral dari tanah ke tanaman 
  • Untuk proses reaksi metabolic tumbuhan 
  • Untuk rektan pada beberapa jumlah reaksi pada metabolism, contohnya pada siklus asam trikarboksilat 
  • Untuk bahan penghasil hydrogen dalam proses fotosintesis 
  • Untuk menjaga turgiditas pada sel dan untuk menghasilkan tenaga mekanik pada proses pembesaran suatu sel 
  • Guna mengatur suatu mekanisme pergerakan membuka dan menutup stomata pada tumbuhan 
  • Untuk perpanjangan sel tumbuhan 
  • Untuk membantu berlangsungnya respirasi
Ulasan diatas merupakan beberapa contoh dari manfaat dan juga fungsi air bagit tumbuhan. Jika tumbuhan mengalami kekurangan ataupun kehilangan sumber air hal itu akan membuat tumbuhan menjadi mengalami penurunan turgol sel, dan akan meningkatkan makro molekul pada tumbuhan.

Itu diatas adalah manfaat dan juga fungsi air bagi tumbuhan, sebenarnya bukan Cuma tumbuhan yang membutuhkan air, namun semua makhluk hidup yang ada didunia pasti membutuhkan air, begitu pula dengan saya dan juga anda, pasti membutuhkan air juga bukan? Oleh sebab itu jagalah sumber air yang ada. Agar dunia tidak mengalami kekeringan.