Seputarpendidikan003.blogspot.com

4/13/2015

Pengertian Senyawa Karbon

Pengertian senyawa karbon. Karbon adalah salah satu unsure kimia NU yang dilambangkan dengan huruf C dan atom nomor 6 didalam table periodic. Alotrop merupakan unsure dari karbon tetravalent. Jika dilihat secara umum, karbon diambil dari udara oleh tumbuhan ganggang, dan yang lainnya yang memiliki kemampuan untuk melakukan proses fotosintesis,. Tumbuhan tersebut sering disebut dengan organism fotoautotrof. Fotosintesis merupakan sebuah proses perubahan karbon menjadi karbohidrat atau bahan makanan, dengan melalui proses kimia seperti berikut :
6CO2+6H2O(sinar matahari diserap klorofl)-C6H12O6+6O2
Karbondioksida + Air (+sinar matahari diserap klorofil)-glukosa+oksigen

Senyawa karbon merupakan bentuk dari unsure kimia yang terdapat dalam jadwal berkala dengan symbol C dan memiliki nomor atom ^. Unsure yang dimiliki bukan unsure logam, memiliki banyak tetravalent,. Karbon memiliki beberapa bentuk allotropic, diantaranya :
· Berlian atau galian terkeras yang diketahui. Struktur yang terkandung di dalam berlian : atom diikat secara tetrahedron pada 4 atom yang lainnya untuk membentuk jaringan tiga dimensi atom dan enam cincin bersegi
· Bahan terlembut atau grafit. Stuktur yang terkandung di dalam grafit aadalah : atom terikat jadi tiga segi oleh tiga atom yang lainnya, untuk membentuk jaringan dua dimensi sebagai cincin leper 6 ahli: helaian pada leper terikat secara lemah.
· Fullerene. Struktur yang terkandung di dalam fullerene adalah : molkul yang besar standing dibentuk sepenuhnya dari suatu ikatan karbon 3 segi yang terkenal dan juga mudah.
· Ceraphite atau permukaan yang sangat lembut, struktur yang terkandung di dalam ceraphite tidak bisa dipastikan langsung
· Lonsdaleite atau herotan belian, struktur yang tekandung di dalam lonsdaleite adalah : bentuk serupa dengan berlian, tetapi di sini membentuk suatu jaringan hexagonal
· Karbon bahan berkaca, struktur yang terkandung di dalamnya adalah : suatu gabungan dari molkul karbon dalam yang tidak berbentuk sebagi kristal dan tidak sekata yang berbentuk kaca

Karbon berkaca atau glassy carbon adalah isotropic dan juga sebagian besar didalam nya mengandung liang poros. Hal ini tidak sama dengan grafit normal, sebab lapisan ini tidak diatur seperti pada laman buku akan tetapi disini lapisan grafit telah tersusun rawak. Senyawa karbon merupakan suatu unsure yang mengagumkan. Bentuk lain dari karbon salah satunya adalah grafit. Grafit merupakan senyawa karbon yang memiliki bahan paling lembut, sedangkan karbon yang berbahan keras adalah berlian.

Didalam sebuah karbon terjadi system pertukaran atau yang sering dikenal dengan istilah siklus karbon. Siklus senyawa karbon merupakan suatu siklus biogeokimia dimana suatu karbon ditukar antara hidrosfer, geosfer, dan juga atmosfer. Objek astronomis yang lainnya bisa saja mempunyai siklus yang hampir sama walaupun sampai pada saat ini belum berhasil diketahui. Di dalam siklus ini ada empat reservoir karbon paling utama yang dihubungkan oleh suatu jalur pertukaran.