Seputarpendidikan003.blogspot.com

5/12/2015

Bentuk Sel Hewan Dan Tumbuhan

Bentuk sel hewan dan tumbuhan – Hewan dan juga tumbuhan adalah makhluk hidup yang berada dan tinggal dimuka bumi ini selain manusia. Hewan dan tumbuhan memiliki ciri ciri dari makhluk hidup yaitu bergerak dan tumbuh. Hewan dan juga tumbuhan bisa hidup, bergerak dan juga tumbuh karena di dalam tumbuhnya terdapat sel sel organ yang memiliki banyak fungsi di dalam kehidupannya seperti untuk proses pertumbuhan, bernafas, melindungi diri nya dari berbagai serangan yang mungkin datang dari luar.

Bentuk bentuk sel yang terdapat di dalam tubuh hewan dan juga tumbuhan mungkin sedikit berbeda. Jika anda ingin tahu apakah benar bentuk sel pada hewan berbeda dengan bentuk sel yang terdapat di dalam tubuh tumbuhan? Jika anda ingin tahu, maka anda harus menyimak artikel berikut dengan baik. Yuk, sama sama kita pelajari tentang bentuk bentuk sel pada hewan dan juga pada tumbuhan.

Bentuk sel hewan

Bicara masalah bentuk sel yang terdapat di dalam tubuh hewan dan manusia itu memang sangat lah menarik, kenapa demikian? Sebab, jika bicara tentang sel sel yang terdapat didalam tubuh hewan dan juga di dalam tubuh tumbuhan itu sudah bukan merupakan hal yang asing, maka dari itu jika bicara mengenai masalah sel pada hewan dan juga pada tumbuhan itu akan sangat menarik.

Hewan dan juga tumbuhan jika dilihat dari hasil klasifikasi pada makhluk hidup lima kingdom maka hewan dan tumbuhan itu merupakan kelompok dari jenis kingdom yang berbeda, maka dari itu ada perbedaan antara bentuk sel hewan dengan bentuk sel tumbuhan. Namun, jika di lihat berdasarkan pada struktur dasar sel pada hewan dan juga tumbuhan memiliki struktur dasar yang sama. Akan tetapi untuk masalah perkembangan selnya, antara keduanya sangat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan sekitar dimana ia berada atau dimana ia tinggal. Di dalam tubuh hewan terdapat organ sel yang bernama vakuola, vakuola yang ada di dalam tubuh hewan memiliki bentuk yang berukuran kecil, tidak seperti pada vakuola yang terdapat di dalam tubuh tumbuhan.

Bentuk sel tumbuhan

Sel tumbuhan merupakan salah satu bagian yang paling kecil yang ada di seluruh organ pada tumbuhan. Organ sel yang terdapat di dalam tubuh tumbuhan merupakan suatu mesin penggerak bagi tumbuhan tersebut, begitu pula pada sel hewan.

Bentuk sel tumbuhan berbeda dengan bentuk sel hewan. Tumbuhan memiliki organ sel yang bernama vakuola, bentuk sel vakuola pada tumbuhan lebih besar jika dibandingkan dengan bentuk sel vakuola pada hewan. Dalam tubuh tumbuhan juga terdapat sel yang bernama plasmodesmata yang memiliki bentuk menyerupai pori pori.