Seputarpendidikan003.blogspot.com

5/07/2015

Contoh Tumbuhan Paku, Parasit Dan Perdu

Jenis jenis tumbuhan yang ada didunia sangatlah banyak, anda bisa saja mempelajari tentang semua jenis dan juga contoh contoh tumbuhan yang hidup didunia termasuk didalamnya adalah contoh tumbuhan paku, contoh tumbuhan parasit dan juga tentang contoh tumbuhan perdu. Sebenarnya masih banyak lagi contoh contoh dari tumbuhan tumbuhan lainnya yang hidup didunia, namun pada kesempatan kali ini saya hanya akan mengulas tentang contoh tumbuhan paku, parasit dan perdu. Namun, sebelum anda mempelajari tentang contoh contoh dari tumbuhan paku, tumbuhan parasit dan juga contoh dari tumbuhan perdu, sebaiknya anda mempelajari tentang pengertian dari masing masing tumbuhan tersebut, agar anda bisa lebih mudah untuk mengetahui contoh contohnya.

Contoh tumbuhan paku

Tumbuhan paku memiliki jenis yang jumlahnya sangat banyak, jumlah dari jenis tumbuhan paku bisa sampai dengan sepuluh ribu spesies bahkan bisa lebih, sebab tumbuhan paku adalah salah satu tumbuhan tertua yang masih bisa bertahan sampai saat ini, meskipun keberadaannya saat ini sudah mulai jarang ditemukan tidak seperti pada zaman dahulu, namun tumbuhan ini masih ada keberadaannya.

Tumbuhan paku memiliki daun yang berukuran cukup besar, dan memiliki bentuk yang menyirip. Jenis tumbuhan paku sangat banyak sehingga ada yang bisa hidup dalam air dan ada juga yang hidup di daratan. Jenis tumbuhan paku yang hidupnya didarat memiliki sporangium yang berbentuk sorus, sedangkan jenis tumbuhan paku yang hidupnya di dalam air memiliki sporangium yang berbentuk sporokarpium. Berikut adalah contoh tumbuhan paku yang ada dan tumbuh didunia :
  1. Suplir. Jenis tumbuhan paku suplir sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias
  2. Simbar menjangan. Jenis tumbuhan paku simbar menjangan juga sering digunakan sebagai tanaman hias 
  3. Paku tanduk rusa. Jenis tumbuhan paku tanduk rusa sering digunakan sebagai tanaman hias 
  4. Dryopteris. Jenis tumbuhan paku ini sering kali digunakan sebagai obat obatan tradisional 
  5. Marsilea crenata. Jenis tumbuhan paku yang satu ini sering dimanfaatkan sebagai sayur sayuran

Contoh tumbuhan parasit dan perdu

Sebelum anda mengetahui tentang contoh tumbuhan parasit dan perdu, anda harus tahu dulu pengertian dari tumbuhan parasit dan juga tumbuhan perdu. Tumbuhan parasit merupakan salah satu jenis tumbuhan yang menggantungkan kelangsungan hidupnya pada jenis tumbuhan lain. Hal ini mengakibatkan tumbuhan yang dihinggapi oleh tumbuhan parasit lambat laun akan mati karena kekurangan energy. Tumbuhan parasit sering disebut dengan istilah parasit fakultatif.

Tumbuhan parasit masih mempunyai organ organ fotosintetik yang bisa digunakan secara normal seperti pada tumbuhan tumbuhan yang lainnya. Contoh tumbuhan parasit seperti benalu, putrid malu, padma, raflesia arnoldi, cendana dan masih banyak lagi contoh tumbuhan parasit yang lainnya.

Setelah diatas dibahas tentang tubumbuhan parasit, sekarang kita bahas tentang tumbuhan perdu dan juga contohnya. Tumbuhan perdu adalah salah satu jenis tumbuhan yang mempunyai ketinggian kurang dari enam meter atau kurang dari dua puluh kaki. Sebuah tumbuhan perdu atau semak dapat dibedakan dari sebuah pohon yang tingginya lebih pendek. Tumbuhan perdu memiliki banyak sekali spesies, jenis tumbuhan perdu dapat berkembang dengan baik hal ini sangat dipengaruhi oleh kondisi dari tumbuhan tersebut.

Tumbuhan perdu banyak dibudidayakan di halaman dan jenis tumbuhan ini sering disebut dengan tumbuhan semak semak. Jika tumbuhan semak semak tersebut dipotong maka namanya adalah topiary, jenis spesies yang paling cocok atau paling varietas untuk mengembangkan dedaunan yang lebat dan juga yang memiliki banyak cabang dan memiliki daun yang bentuknya kecil dan tumbuh secara berdekatan. Contoh tumbuhan perdu adalah semak semak, bamboo, rumput rumputan, puring, dan lain