Seputarpendidikan003.blogspot.com

5/27/2015

Fungsi Batang Dan Daun Pada Tumbuhan

Fungsi batang dan daun pada tumbuhan – Seperti yang telah masyarakat umum ketahui bahwanya setiap tumbuhan memiliki organ tubuh sperti batang, akar, daun, bunga dan juga buah. Masing masing dari organ tubuh tersebut memiliki fungsi masing masing untuk tumbuhan tersebut. Dan mereka menjalankan fungsinya masing masing untuk mempertahankan hidupnya. Di sini saya tidak akan membahas semua organ tubuh yang terdapat pada tumbuhan, namun saya hanya akan membahas seputar batang dan juga daun tumbuhan saja.

Apakah fungsi batang bagi tumbuhan? Anda dapat mengetahui jawaban nya pada saat anda telah menyimak artikel berikut. Batang adalah salah satu bagian organ tubuh yang memiliki fungsi sangat penting bagi kehidupan tumbuhan itu sendiri. Selain membahas tentang fungsi batang yang terdapat pada tumbuhan, saya juga akan membahas tentang fungsi daun pada tumbuhan.

Masing masing fungsi dari organ tubuh tumbuhan tersebut akan di jelaskan pada artikel dibawah. Simak baik baik agar anda dapat menemukan jawaban tentang fungsi batang bagi tumbuhan dan juga fungsi daun bagi tumbuhan.

Fungsi batang pada tumbuhan

Batang adalah bagian organ tubuh pada tumbuhan. Batang merupakan salah satu bagian yang memiliki fungsi paling penting bagi tumbuhan. Batang bisa dikatakan sebagai mesin bagi kehidupan tumbuhan. Berikut adalah fungsi batang pada tumbuhan :
  • Batang sebagai penopang tubuh tumbuhan. Batang memiliki fungsi sebagai penopang bagi semua tubuh tumbuhan supaya tumbuhan tersebut dapat berdiri tegak lurus. Batang juga tempat untuk bersandarnya daun tumbuhan, bunga dan juga biji tumbuhan.
  • Batang sebagai sarana bertransportasi atau sebagai alat angkut. Batang memiliki fungsi sebagai alat angkut air dan juga garam mineral yang terdapat pada akar untuk menuju ke daun melalui pembuluh xylem, hal ini berfungsi pada saat proses fotosintesis 
  • Batang sebagai tempat untuk menyimpan cadangan makanan. Batang memiliki fungsi untuk menyimpan cadangan makanan, cadangan makanan yang disimpan di batang akan di gunakan pada saat tumbuhan itu kehabisan bahan makanan. 
  • Batang sebagai alat bantu pernafasan tumbuhan. Batang memiliki fungsi untuk membantu system pernafasan pada tumbuhan, karena tumbuhan mendapatkan oksigen melalui lentisel. Lentisel adalah pori pori kecil yang terdapat pada tubuh tumbuhan.

Fungsi daun pada tumbuhan

Daun adalah salah satu organ tumbuhan selain batang, akar, bunga, dan buah. Daun yang terdapat pada setiap tumbuhan memiliki fungsi bagi tubuh tumbuhan itu sendiri. Daun memiliki warna yang hijau karena daun pada tumbuhan mengandung zat klorofil yang mengakibatkan daun menjadi berwarna hijau. Berikut adalah fungsi daun pada tumbuhan :
  • Daun sebagai tempat berlangsungnya proses fotosintesis. Daun pada tumbuhan memiliki fungsi sebagai tempat untuk berlangsungnya kegiatan fotosintesis
  • Daun sebagai organ untuk bernafas. Di dalam organ daun terdapat stomata yang memiliki fungsi sebagai alat untuk membantu pernafasan tumbuhan 
  • Daun sebagai tempat tempat transpirasi atau proses penguapan air yang terdapat pada daun tumbuhan