Seputarpendidikan003.blogspot.com

5/17/2015

Hewan Langka Dan Tumbuhan Langka Yang Dilindungi

Hewan langka dan tumbuhan langka yang dilindungi – Jika kita bicara masalah hewan dan juga tumbuhan, memang pada dasarnya ada banyak sekali hewan dan tumbuhan yang hidup di dunia ini, ada berbagai macam jenis hewan dan juga tumbuhan yang ada di muka bumi ini. Namun dari banyaknya jenis hewan dan juga tumbuhan yang ada di muka bumi ini, ada beberapa hewan dan juga tumbuhan yang mulai langka, karena mulai jarangnya ekosistem dari hewan dan juga tumbuhan tersebut, maka ada beberapa hewan dan juga tumbuhan yang di lindungi oleh pemerintah guna mengatasi kepunahan. Agar hewan dan juga tumbuhan tersebut tidak sampai pada keadaan yang benar benar punah.

Negara Indonesia bisa dikatakan sebagai salah satu Negara yang mempunyai keanekaragaman hayati yang paling banyak di dunia. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman keberadaan hewan dan tumbuhan tersebut sudah mulai langka keberadaannya, hal ini dikarenakan adanya para pemburu hewan dan tumbuhan yang tidak bertanggung jawab, hal tersebut sangat mempengaruhi ekosistem dari hewan dan juga tumbuhan. Maka dari itu kita semua harus menjaga ekosistem hewan dan juga tumbuhan yang sudah mulai langka ekosistemnya agar tidak semakin punah.

Hewan langka yang dilindungi

Pada kesempatan ini saya akan memberikan beberapa contoh hewan langka yang dilindungi keberadaannya karena ekosistemnya sudah mulai langka. Ada beberapa jenis hewan yang memang ekosistemnya sudah mulai langka dan harus dilindungi, berikut adalah beberapa hewan langka yang harus di lindungi agar tidak terjadi kepunahan :
  1. Badak. Badak adalah salah satu jenis hewan yang keberadaannya sudah mulai langka dan harus dilindungi agar tidak punah. Badak memiliki nama latin rhinoceros sondaicus. Ekosistem dari hewan badak saat ini hanya tinggal 35 sampai 45 ekor saja, maka dari itu pemerintah memutuskan untuk melindungi hewan yang satu ini.
  2. Kanguru. Kanguru yang memiliki nama latin dendrolagus mayri ini memiliki populasi yang sedikit, populasi dari hewan yang satu ini hanya mencapai kurang lebih 50 ekor, maka dari itu hewan yang satu ini masuk kedalam kategori hewan yang langka dan dilindungi 
  3. Pesut Mahakam. Hewan ini memiliki nama latin orcaella brevirostris, jumlah hewan yang satu ini mulai langka, karena pada saat ini hanya berjumlah kira kira 70 ekor saja, oleh sebab itu hewan yang satu ini menjadi hewan yang harus dilindungi.

Tumbuhan langka yang dilindungi

Jika diatas sudah dibahas tentang hewan langka yang dilindungi, maka berikut akan dibahas tentang tumbuhan langka yang dilindungi. Memang pada dasarnya jenis tumbuhan itu ada banyk sekali, namun seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa ada beberapa tumbuhan yang keberadaannya mulai langka sehingga harus dilindungi. Berikut adalah beberapa contoh tumbuhan langka yang harus di lindungi :
  1. Tumbuhan kapur. Tumbuhan yang satu ini memiliki nama latin drybalanops, pada saat ini jumlah dari tumbuhan kapur sangat sedikit, maka dari itu tumbuhan ini masuk dalam daftar jenis tumbuhan yang harus dilindungi
  2. Tumbuhan kawoli. Tumbuhan kawoli memiliki nama latin alloxylon brachycarpum, tumbuhan ini merupakan salah satu jenis tumbuhan hias, namun ekosistemnya pada saat ini sudah mulai langka sehingga tumbuhan ini dilindungi oleh pemerintah 
  3. Tumbuhan bintangur. Jenis tumbuhan ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang harus dilindungi, sebab jumlah dari tumbuhan ini sudah mulai langka.