Seputarpendidikan003.blogspot.com

5/28/2015

Klasifikasi Makhluk Hidup

Klasifikasi makhluk hidup – Alam semesta ini merupakan tempat tinggal bagi seluruh makhluk hidup. Ada berbagai macam jenis makhluk hidup yang tinggal di dunia ini mulai dari hewan tumbuhan dan juga manusia. Dari ketiga jenis makhluk hidup tersebut masing masing jenis memiliki ekosistem yang sangat banyak, maka dari itu perlu diadakan klasifikasi bagi semua jenis makhluk hidup hal ini berguna untuk membantu anda dalam mendalami kajian tentang makhluk hidup dan jenisnya, dengan adanya klasifikasi pada makhluk hidup dapat mempermudah anda saat anda belajar tentang jenis makhluk hidup.

Di dalam system pengklasifikasian pada semua jenis makhluk hidup di dalamnya terdapat aturan yang berlaku dan telah disetujui oleh seluruh pihak baik nasional maupun internasional. Tujuan umum diadakannya klasifikasi pada makhluk hidup yaitu untuk memudahkan para manusia dalam belajar tentang ilmu biologi yang didalamnya menyangkut makhluk hidup. Semua jenis makhluk hidup yang ada di dunia ini dikelompokan berdasarkan atas persamaan ciri ciri yang dimiliki oleh setiap jenis makhluk hidup tersebut.

Anda bisa bayangkan bagaimana rumitnya anda saat mempelajari ilmu tentang makhluk hidup, jika tidak ada system klasifikasi pada semua jenis makhluk hidup. Pastinya sangat membingungkan bukan? Karena ada banyak sekali jenis makhluk hidup di dunia ini yang harus anda pelaji. Maka dari itu para ahli telah menyepakati untuk melaksanakan system klasifikasi.

Klasifikasi

Klasifikasi adalah system yang dilakukan untuk mengelompokan semua jenis makhluk hidup berdasarkan spesiesnya masing masing. Klasifikasi ada dua macam yaitu klasifikasi ilmiah dan klasifikasi modern. Klasifikasi ilmiah adalah mengelompokan dan juga mengategorikan semua jenis makhluk hidup baik yang sudah punah ataupun yang masih banyak memiliki ekosistem. Sedangkan klasifikasi modern adalah mengelompokan jenis makhluk hidup berdasarkan atas kesamaan sifat dan juga fisik yang dimiliki oleh makhluk hidup tersebut.

Klasifikasi atau pengelompokan itu merupakan suatu cara yang digunakan untuk memilah milah dan juga mengelompokan semua jenis makhluk hidup berdasarkan atas spesiesnya masing masing sehingga dapat terbagi menjadi beberapa kelompok. System klasifikasi pada makhluk hidup dilakukan dari jenis makhluk hidup tingkat tinggi sampai makhluk hidup tingkat rendah.

Makhluk hidup

Pada saat anda mengkaji ilmu tentang biologi pasti anda akan mendengar kata makhluk hidup, karena makhluk hidup adalah salah satu bagian dari ilmu biologi yang harus anda pelajari. Apa itu makhluk hidup? Yuk sama sama kita pelajari tentang makhluk hidup.

Menurut ilmu biologi dan juga ekologi makhluk hidup disebut sebagai organism yang kompleks. Istilah lain dari organism yang kompleks ini lebih mengacu pada suatu organism yang mempunyai sel lebih dari satu. Makhluk hidup yang ada di alam semesta ini adalah manusia, hewan, tumbuhan dan juga mikro organism.