Seputarpendidikan003.blogspot.com

5/15/2015

Klasifikasi Tumbuhan Biji

Klasifikasi tumbuhan biji – Tumbuhan biji dibagi menjadi dua bagian yaitu tumbuhan biji terbuka yaitu tumbuhan yang memiliki biji yang tidak di lindungi oleh bakal buah, dan tumbuhan biji tertutup. Yaitu jenis tumbuhan yang memiliki biji dan biji nya di lindungi atau ditutup oleh bakal buah. Tumbuhan berbiji tertutup contohnya adalah apel, mangga, dan lain lain. Sedangkan contoh tumbuhan biji tertutup adalah melinjo, pinus, dan lain lain.

Tumbuhan biji ada banyak sekali jenis nya maka dari itu para ahli mengklasifikasikan tumbuhan biji itu berdasarkan pada tatanama yang telah ditetapkan oleh standar internasional. Para ahli mengklasifikasikan tumbuhan biji berdasarkan kelas, spesies, family, ordo, su ordo, sub kelas, kingdom dan lain lain. Tumbuhan biji di klasifikasikan karena jumlah dari jenis tumbuhan biji yang sangat banyak, sehingga jenis tumbuhan biji di klasifikasikan supaya anda bisa lebih mudah dalam mendalami pengetahuan tentang tumbuhan biji.

Pada kesempatan yang satu ini saya akan menjelaskan tentang klasifikasi tumbuhan biji, apabila anda sedang mencari pengetahuan tentang klasifikasi dari tumbuhan biji, maka anda harus membaca postingan yang satu ini, sebab disini anda akan menemukan jawaban tentang klasifikasi tumbuhan biji. Mudah mudahan ilmu tulisan yang sedikit ini dapat bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua.

Klasifikasi tumbuhan

Sebelum kita pelajari tentang klasifikasi tumbuhan, kita bahas dulu tentang pengertian tumbuhan. Tumbuhan adalah salah satu bentuk makhluk hidup yang tinggal di muka bumi ini selain hewan dan juga manusia. Jenis dari tumbuhan ada bermacam macam termasuk didalamnya tumbuhan biji. Karena banyak nya jenis tumbuhan yang hidup dan ada di dunia ini menyebabkan para ahli biologi mengklasifikasikan jenis tumbuhan ini berdasarkan kelasnya masing masing, agar anda bisa lebih gampang saat mempelajari ilmu tentang tumbuhan.

Tumbuhan diklasifikasikan berdasarkan spesies, family, genus, order, clas, pilum, kingdom, domain, dan juga life. Masing masing jenis tumbuhan diklasifikasikan berdasarkan pada golongan golongan tersebut diatas.

Klasifikasi tumbuhan biji

Tumbuhan biji adalah jenis tumbuhan heterospora. Tumbuhan ini membentuk suatu struktur megasporangia dan juga mikrosporangia yang mengumpul pada sumbu yang pendek. Contohnya pada struktur konus ataupun strobilus yang terdapat pada conifer juga bunga yang terdapat pada jenis tumbuhan bunga bungaan.

Pada jenis tumbuhan biji ada istilah mikrospora yang merupakan serbuk sari dan mikrosporangium yang disebut sebagai kantung serbuk sari dan juga mikrosporofil yang disebut dengan istilah serbuk sari. Tumbuhan biji ada banyak sekali jenisnya, sehingga tumbuhan yang satu ini di klasifikasikan berdasarkan jenis dan kelasnya masing masing, berikut adalah system klasifikasi tumbuhan biji :

Kerajaan : masuk dalam plantae atau jenis tumbuh tumbuhan

Divisi : masuk dalam jenis pinophyta, cycadophyta, ginkgophyta, gnetophyta, magnoliophyta, bennettitales