Seputarpendidikan003.blogspot.com

5/21/2015

Tata Cara Tayamum

Tata cara tayamum – Bicara masalah agama, ketahuilah bahwa sebenarnya agama islam itu adalah agama yang mudah, sebab Allah tidak pernah memberatkan hamba hamba Nya dengan kewajiban kewajiban yang harus di jalankan. Salah satu contoh kemudahan yang diberikan oleh Allah kepada hamba Nya adalah pada saat hamba Nya akan melaksanakan sholat, dan pada waktu itu tidak ada air di sekitarnya untuk berwudlu, maka Allah memudahkan hamba Nya dengan cara mengantikan air wudlu dengan tayamum.

Apa itu tayamum? Dan bagaimana tata cara untuk bertayamum? Nah, kali ini saya akan berbagi ilmu tentang tayamum dan juga tentang tatacara bertayamum. Semoga postingan kali ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi ilmu yang berguna bagi kita semua. Yuk sama sama kita simak penjelasan berikut.

Cara tayamum

Tayamum adalah suatu cara yang bisa dilakukan untuk menggantikan wudlu. Cara tayamum adalah dengan cara mengusapkan bagian muka dan juga kedua tangan dengan menggunakan debu yang suci. Tayamum dapat dilakukan untuk menggantikan wudlu dan juga dapat juga dilakukan untuk menggantikan mandi wajib, namun hal itu hanya dapat dilakukan pada saat keadaan benar benar memnuhi syarat untuk melakukan tayamum.

Untuk melakukan tayamum ada syarat syarat tertentu yang harus diperhatikan, apabila persyaratan tersebut terpenuhi, maka orang itu diperbolehkan untuk bertayamum. Adapun syarat syarat yang harus diperhatikan bagi seorang yang akan melakukan tayamum adalah :
  • Pada saat tidak ada air, dan sudah berusaha untuk mencari ke tempat lain namun tidak dapat menemukan air juga, maka dalam keadaan tersebut diperbolehkan untuk melakukan tayamum
  • Orang tersebut dalam keadaan sakit, dan jika terkena air akan mengakibatkan sakitnya menjadi semakin parah, maka orang tersebut diperbolehkan untuk melakukan tayamum 
  • Pada saat tidak menemukan air, sudah masuk pada waktu sholat 
  • Tayamum dapat dilakukan dengan debu yang suci

Pada saat melakukan tayamum selain harus memperhatikan syarat diperbolehkannya seseorang untuk melakukan tayamum, anda juga harus memperhatikan hal hal yang dapat membatalkan tayamum. Berikut adalah hal hal yang dapat membatalkan tayamum :
  • Semua hal yang dapat membatalkan wudlu, hal itu juga membatalkan tayamum
  • Pada saat sudah bertayamum, namun belum memasuki waktu sholat dan pada saat yang sama tiba tiba ditemukan air untuk berwudlu, maka nilai tayamum itu menjadi batal, kecuali orang itu melakukan tayamum karena ia sedang sakit 
  • Tayamum menjadi batal pada saat orang itu keluar dari agama islam atau yang sering dikenal dengan istilah murtad

Tata cara tayamum

Jika diatas sudah dijelaskan tentang pengertian tayamum, syarat syarat diperbolehkannya bertayamum dan juga tentang hal hal yang dapat membatalkan tayamum, sekarang saya bahas tentang tata cara tayamum. Adapun tata cara dalam melakukan tayamum adalah sebagai berikut :
  • Menempelkan dua telapak tangan pada tanah lalu meniupnya
  • Mengusapkan kedua telapak tangan pada tangan dimulai dari punggung tangan sampai siku, hal ini dimulai dari tangan yang sebelah kanan kemudian dilanjutkan pada tangan yang sebelah kiri. Lakukan satu kali 
  • Mengusap bagian wajah dengan kedua telapak tangan lakukan satu kali