Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/27/2015

Arti Inflasi Dan Deflasi

Arti inflasi dan deflasi – Inflasi dan juga deflasi adalah masalah ekonomi yang paling sering dihadapi oleh berbagai Negara termasuk Negara Indonesia. Inflasi dan juga deflasi bukan hanya dialami oleh Negara Negara kecil seperti Indonesia namun inflasi dan juga deflasi juga banyak dialami oleh Negara Negara yang maju dan juga berkembang. Inflasi dan deflasi yang dialami oleh setiap Negara berbeda beda berdasar dari tinggi rendahnya kenaikan dan juga penurunan harga yang terjadi. Inflasi itu sendiri dibagi menjadi empat yaitu inflasi yang tingkat rendah, inflasi tingkat sedang, inflasi tingkat tinggi dan juga inflasi tingkat hiper. Deflasi adalah kebalikan dari inflasi.

Jika anda amati kata inflasi sering kita dengar pada saat terjadi kenaikan harga sedangkan deflasi sering kita dengar pada saat terjadi penurunan harga. Adanya inflasi dab juga deflasi tersebut di sebabkan karena beberapa penyebab, dan agar tidak terjadi inflasi pada suatu Negara maka harus mengetahui penyebabnya setelah itu mencari cara untuk mengatasinya.

Terlepas dari masalah penyebab dan juga cara untuk mengatasi inflasi dan deflasi tersebut, apakah anda sudah tahu arti inflasi dan deflasi? Bagi anda yang belajar ilmu ekonomi pasti sudah tahu apa arti inflasi dan juga arti deflasi, namun bagi orang yang awam tentang masalah ekonomi ada kemungkinan jika mereka belum mengetahui arti inflasi dan arti deflasi meskipun mereka sudah sering mendengar kata tersebut. Topik pembahasan kali ini adalah arti inflasi dan deflasi.

Arti inflasi

Supaya lebih paham tentang arti inflasi yang pertama kali harus diidentifikasi adalah kata inflasi itu sendiri. Berdasarkan kamus ekonomi kata inflasi artinya adalah kenaikan. Jadi arti dari inflasi yang sering terjadi pada permasalahan ekonomi adalah suatu kegiatan dimana semua harga harga barang yang menggambarkan ekonomi secara keseluruhan dan juga harga jasa telah mengalami kenaikan yang cukup tinggi dan dalam waktu yang sedemikian lama.

Salah satu penyebab terjadinya inflasi adalah adanya kenaikan bbm yang biasanya diikuti oleh naik nya kebutuhan pokok masyarakat. Adanya inflasi tersebut dapat diatasi dengan menegakkan sistem kebijakan moneter dimana kita semua harus meningkatkan pendapatan kita dan menurunkan nilai uang yang sudah tersebar luas dimasyarakat menjadi nilai uang yang lebih kecil sampai pada suatu keadaan dimana semua harga telah berubah menjadi stabil kembali. Selain inflasi kita juga mendengar kata deflasi apa arti deflasi akan diuraikan dibawah ini.

Arti inflasi dan deflasi

Pada uraian diatas telah dijelaskan arti inflasi sekarang kita bahas arti deflasi. Sebenarnya pada penjelasan diatas telah dikatakan bahwa deflasi merupakan kebalikan atau lawan kata dari inflasi. Jadi ari deflasi adalah suatu keadaan dimana harga harga barang dan juga harga jasa mengalami penurunan secara terus menerus. Adanya deflasi akan membuat kerugian pada semua perusahaan karena dengan adanya deflasi dapat menyebabkan kesulitan dalam menghasilkan uang. sekarang anda sudah tahu kan apa itu arti inflasi dan deflasi.