Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/04/2015

Fungsi Kloroplas, Lisosom, Dan Mitokondria

Fungsi kloroplas, lisosom, dan mitokondria – Seperti yang kita semua tahu bahwa alam semesta ini adalah tempat tinggal bagi semua makhluk hidup, seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Setiap makhluk hidup yang ada di dunia baik itu manusia, hewan, maupun tumbuhan memiliki organ dan juga struktur jaringan di dalam tubuhnya. Organ dan struktur jaringan yang terdapat di dalam tubuh makhluk hidup itu di beri tanggung jawab masing masing guna menjaga kelangsungan hidupnya.

Di dalam tubuh makhluk hidup terdapat kloroplas, lisosom, dan juga mitokondria. Ketiga hal tersebut memiliki fungsi yang berbeda beda. Nah, di sini akan diulas tentang fungsi kloroplas, fungsi lisosom dan juga fungsi mitokondria. Anda akan segera mengertti tentang kloroplas dan juga fungsinya, selain kloroplas anda juga akan mengerti tentang lisosom dan juga mitokondria lengkap beserta fungsinya. Sebab semua itu akan di bahas pada kesempatan kali ini.

Bagi anda sedang mendapatkan tugas untuk mencari tahu tentang fungsi kloroplas, lisosom dan mitokondria, anda tidak perlu bingung dan khawatir, setelah anda membaca artikel berikut anda dapat dengan mudah menjawab semua tugas anda dengan cepat dan benar. Yuk sama sama belajar.

Fungsi kloroplas

Apa sih kloroplas? Kloroplas merupakan plastid yang banyak mengandung klorofil. Dalam kloroplas dapat berlangsung fase terang dan juga gelap dari proses fotosintesis. Kloroplas ada di semua bagian tumbuhan. kloroplas terdiri dari matrik yang berair yang disebut dengan istilah stomata.

Kloroplas merupakan organel yang paling utama bagi tumbuhan. fungsi kloroplas adalah untuk membantu kegiatan fotosintesis pada tumbuhan, selain itu kloroplas juga berfungsi untuk fiksasi nitrogen.

Fungsi lisosom dan mitokondria

Sebelum bahas tentang fungsi lisosom dan mitokondria, saya akan jelaskan tentang pengertian lisosom dan juga mitokondria terlebih dahulu. Lisosom merupakan sebuah organel sel yang berbentuk kantong dan terikat oleh membrane yang diisi oleh enzim dan berguna untuk mengatur pencernaan intraseluler. Salah satu fungsi dari lisosom adalah sebagai salah satu alat yang digunakan untuk memecahkan komponen komponen sel yang telah dilakukan dengan cara intraseluler setelah itu baru di daur ulang menjadi molekul molekul.

Anda sudah tahu bukan apa itu lisosom dan apa fungsi lisosom. Sekarng saya jelaskan tentang pengertian mitokondria dan juga fungsinya. Mitokondria merupakan organel yang dijadikan sebagai tempat untuk berlangsung fungsi respirasi pada makhluk hidup, selain dari fungsi seluler yang lainnya seperti biosintesis pirimidina, metabolisme asam lemak, transduksi sinyal seluler, homeostasis kalsium dan merupakan penghasil sebuah energy yang berbentuk adenosine trifosfat pada sebuah lintasan katabolisme.

Mitokondria memiliki dua buah lapisan membrane yaitu lapisan membrane dalam dan juga lapisan membrane luar. Mitokondria memiliki fungsi sendiri, salah satu fungsi atau peran utama dari mitokondria yaitu dijadikan sebagai tempat untuk membuat energy sel yang akan menghasilkan energy berbentuk ATP.