Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/28/2015

Indek Harga Dan Inflasi

Indek harga dan inflasi – Jika kita belajar masalah ekonomi pasti tidak jauh jauh dengan yang namanya uang. Uang adalah salah satu alat yang sering digunakan untuk kegiatan jual beli baik barang maupun jasa. Uang merupakan alat pembayaran disemua Negara. Jika kita bicara masalah jual beli maka dialamnya menyangkut masalah harga dan menyangkut masalah naik turun harga baik barang maupun jasa. Barang barang maupun jasa yang diperjual belikan tidak jauh dari indeks harga. Pada masalah jual beli pasti mengalami yang namanya kenaikan harga baik barang maupun jasa dan bahkan kenaikan tersebut bisa terjadi secara bersaamaan, jika sedang terjadi kenaikan tersebut maka kita akan sering mendengar kata inflasi. Arti inflasi itu sendiri memiliki hubungan dengan masalah kenaikan harga. Maka dari itu jika kita bicara belajar masalah ekonomi maka tidak jauh dari kata indeks harga dan juga inflasi.

Indek harga dan juga inflasi merupakan dua kata yang selalu ada pada saat kita membahas masalah perekonomian. Indeks harga dan juga inflasi saling berkaitan, karena keduanya sama sama terikat dalam satu kegiatan yaitu jual beli. Sudah tahukah anda apa itu indek harga dan juga inflasi? Meskipun sudah sering kedua kata tersebut disebutkan di televisi namun saya percaya kalau tidak semua orang didunia ini mengetahui arti indek harga dan arti inflasi. Maka dari itu indek harga dan inflasi menjadi topik pembahasan saya saat ini.

Indek harga

Pada uraian diatas telah dikatakan bahwa masalah jual beli tidak jauh dengan yang namanya indek harga dan juga inflasi. Hmmmm, jadi sebenarnya apa sih itu indek harga dan inflasi. Jika anda ingin tahu pengertian indek harga dan juga pengertian inflasi, yuk kita pelajari bersama kedua pengertian tersebut pada artikel yang satu ini.

Pertama saya akan bahas tentang indek harga. Indek harga atau yang sering disebut dengan istilah angka indek adalah suatu konsep dimana konsep tersebut dapat memberikan suatu gambaran tentang adanya perubahan perubahan yang variable dari satu period eke pada periode yang selanjutnya. Indek harga atau angka indek bisa diartikan sebagai salah satu angka perbandingan yang memiliki perubahan cukup relative dan dinyatakan dalam suatu bentuk prosentase kepada yang lainnya. Indek harga dibagi menjadi beberapa jenis yaitu indek harga konsumen, indek harga pedagang, indek harga yang dapat diterima oleh petani dan juga indek harga yang di bayar oleh petani. Jika anda sudah tahu apa itu indek harga selanjutnya kita bahas inflasi.

Indek harga dan inflasi

Indek harga adalah suatu angka perbandingan yang memiliki perubahan yang cukup relative dan semua nya dinyatakan dalam bentuk presentase. Sedangkan inflasi adalah suatu keadaan dimana semua harga harga baik barang maupun jasa mengalami kenaikan secara terus menerus dan terjadi dalam waktu yang lama. Jadi indek harga dan inflasi sama sama berkaitan dengan masalah perekonomian.